Sepuluh Dekan Baru UM Jember Dilantik

Sepuluh Dekan Baru UM Jember Dilantik

Pelantikan Dekan UM Jember

JEMBER, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Jember -UM Jember- menggelar pelantikan dekan, Selasa, (30/6/2020). Bertempat di Gedung Ahmad Zaenuri, pelantikan yang diikuti oleh 30 peserta tersebut dipimpin oleh Rektor UM Jember, Hanafi, MPd.

Dalam sambutannya, Hanafi mengucapkan selamat kepada dekan terpilih agar mengemban amanah. “Memang cukup berat mengemban amanah, tapi Bismillah kita jalani dan harus ikhlas.” ungkapnya. Seperti yang tertuang pada QS: Al Ahzab:72 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.”

Untuk dekan pada periode sebelumnya, Hanafi mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa dan kiprahnya untuk persyarikatan.

Hanafi menjelaskan, ada dua hal yang harus dipunyai oleh Lembaga Pendidikan yaitu unggul dan lestari. Pertama unggul, maksudnya, perguruan tinggi harus memiliki kualitas pengajaran yang bagus. Hal tersebut bisa terwujud apabila kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki juga berkompeten di bidang masing-masing. Untuk mewujudkan hal tersebut, Hanafi mengungkapkan bahwa akan memberikan beasiswa studi kepada satu dosen di setiap jurusan, “Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan SDM di lingkup UM Jember.” Kedua, lestari, selain SDM, kelengkapan fasilitas juga menjadi salah satu faktor pendukung dari kualitas perguruan tinggi. “Kalau fasilitasnya lengkap, pasti animo masyarakat untuk mendaftar menjadi mahasiswa kita juga banyak.” ungkap Hanafi.

Rektor UM Jember juga berpesan kepada keluarga dekan yang hadir pada saat pelantikan agar mendorong dan memberikan semangat karena tugas yang diemban tak lagi sama seperti sebelumnya. “Maka dari itu, sikap kerelaan dari pasangan sangat diperlukan.” jelasnya.

Pelantikan dekan periode 2020-2024 juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur 2010-2015, Prof. Thohir Luth. Beliau memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk jajaran dekan periode 2016-2020 karena telah mengabdi untuk persyarikatan, “Semoga segala hal yang telah dilakukan untuk kampus menjadi amal jariyah.” Prof Tohir juga berpesan bahwa tiap-tiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang ada di Jawa Timur khususnya jangan sampai menjadi kompetitor bagi PTM yang lain. “Harus bisa memajukan dirinya sendiri dan dijadikan contoh yang baik bagi perguruan tinggi yang lain.”

Snada dengan Prof Thohir, Kusno MPd, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember juga mengungkapkan bahwa setiap Amal Usaha Muhammadiyah hendaknya saling bersinergi. “Kitalah yang bertugas untuk mengembangkan AUM agar bisa maju dan berkualitas baik.” Tunjukkan hal-hal yang bagus, kalau sudah bagus, dukung sepenuhnya agar bisa maju.

Kesepuluh dekan yang dilantik adalah sebagai berikut:

1. H. Suyatna, S.H., M.Hum. (Fakultas Hukum)

2. Dr. Juariyah, M.Si. (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik)

3. Ir. Iskandar, M.P. (Fakultas Pertanian)

4. Dr. Nanang Saiful Rizal, M.T. (Fakultas Teknik)

5. Maheni Ika Sari, S.E., M.M. (Fakultas Ekonomi)

6. Ns. Sasmiyanto, S.Kep., M.Kes. (Fakultas Ilmu Kesehatan)

7. Dr. Kukuh Munandar, M.Kes. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

8. Dr. Nurlela Widyarini, S.Psi., M.Si. (Fakultas Psikolgi)

9. Sofyan Rofie,  S.Pd.I., M.Pd.I. (Fakultas Agama Islam)

10. Dr. Abadi Santosa, S.E., M.M. (Direktur Pasca Sarjana). (adis)

Exit mobile version