Ucapan dan Harapan Haedar Nashir untuk Milad Tapak Suci ke-57 Hari Ini

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) telah berusia lebih dari setengah abad. Sejak berdirinya pada 31 Juli 1963, Tapak Suci telah melahirkan berbagai atlet handal serta mampu berprestasi di kancah internasional.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi turut mengucapkan ucapan selamat dan harapan untuk milad Tapak Suci ke-57. “Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah saya menyampaikan selamat milad Tapak Suci Muhammadiyah ke-57,” ungkap Haedar Nashir, Jum’at (31/7).

Milad ini harus menjadi wahana untuk bersyukur kepada Allah SwT atas usia dan perjalanan pergerakan Tapak Suci sebagai Ortom Muhammadiyah yang memiliki peran khusus bergerak dalam pembinaan kader umat, kader bangsa, dalam hal bela diri.

Tapak Suci Muhammadiyah telah bergerak nenanamkan nilai-nilai keimanan yang kokoh. Nilai keimanan yang anti syirik, sekaligus juga memperkokoh tauhid yang menjadikan setiap insan merasa memiliki kekuatan ruhani. Sebagai modal untuk menjadi orang-orang yang sholeh, tetapi juga mampu memberi manfaat bagi kepentingan orang lain. Khoirunnas anfauhun linnas, sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi orang lain.

Dengan iman yang kokoh juga kader Tapak Suci mampu menggalang solidaritas ukhuwah kebersamaan dan persatuan sesama anak bangsa dan sesama kaum beriman. Dengan demikian melalui iman yang kokoh, bisa menyebarluaskan kehidupan yang damai bersama seluruh umat dan bangsa.

Kader Tapak Suci juga ditanamkan nilai-nilai akhlak, yang dengan akhlak itu akan memberi contoh atau uswah hasanah, bagaimana perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, perbuatan baik di keluarga, di masyarakat, di lingkungan umat dan bangsa.

Akhlak akan memancarkan perilaku yang utama dalam kehidupan. Lebih-lebih dalam kehidupan sosial saat ini termasuk ketika kita berada dalam kehidupan modern yang ditandai media sosial. Dengan akhlak mulia, kader Tapak Suci harus memberi teladan bagaimana bermedsos yang baik. Yang menebarkan keutamaan dalam hidup, dalam perkataan Tapak Suci juga menghindari hal-hal buruk, permusuhan, dosa, dan pertikaian dalam kehidupan umat maupun bangsa.

Baca juga Melacak Jejak Tapak Suci

Karena itu, di hari Milad yang ke-57 ini, saya berharap Tapak Suci terus bergerak dalam membina umat persyarikatan dan bangsa. Menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dalam iman dan akhlak di dalam kehidupan sehari-hari.

Terus memajukan Tapak Suci sebagai Organisasi Otonom Muhammadiyah yang sekarang telah merambat sampai luar negeri. Banyak orang tertarik masuk untuk menjadi bagian dari anggota Tapak Suci Muhammadiyah di mancaegara. Bahkan orang ingin belajar pada Tapak Suci Muhammadiyah.

Karena itu jadikan kesempatan dan peluang ini untuk menebarkan misi dakwah dan tajdid di seluruh lapisan masyarakat sampai ke mancanegara. Tapak Suci Putera Muhammadiyah maupun Puteri Muhammadiyah akan menjadi garda di depan di dalam membangun kekuatan kader persyarikatan, umat, bangsa, menjadi tangguh lahir dan batin.

Dengan Iman dan Akhlak Saya Menjadi Kuat, Tanpa Iman dan Akhlak Saya Menjadi Lemah. Itulah motto Tapak Suci Muhammadiyah. Selamat Milad semoga Allah memberi rahmat, barokah, dan karunia untuk kemajuan Tapak Suci Muhammadiyah. (Riz)

Exit mobile version