Mahasiswa UAD Dampingi Pengembangan SSP untuk Guru SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman

Mahasiswa UAD Dampingi Pengembangan SSP untuk Guru SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) yang mengusung tema tentang “Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika Berbasis Learning Management System (LMS) Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika Jarak Jauh (PMJJ) Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru SMP Muhammadiyah Di Kabupaten Sleman”. Kegiatan pelatihan dan pendampingan pengembangan SSP berbasis LMS tersebut dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang melanda. Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid  berlangsung dari rumah.

Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan guna membantu guru dalam mengembangkan  guru dalam mengembangkan subject specific pedagogy guru matematika selama pembelajaran jarak  jauh berlangsung. Kegiatan ini dicetus oleh tim PRODAMAT yang dibimbing oleh Anggit Prabowo, M.Pd., dan Dr. Suparman, M.Pd., DEA beranggotakan Suziyana, Janti Ikawati, dan Poniyati sebagai ketua. Kegiatan pelatihan dan pendampingan berlangsung selama 6 hari Senin-Sabtu, tanggal 3-8 Agustus 2020 bertempat di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman, dengan peserta sebanyak 25 guru matematika yang berasal dari berbagai sekolah SMP Muhammadiyah di Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu pre test, penyampaian materi, pendampingan pengerjaan tugas pengembangan, dan post test. Dalam pelaksanaannya, tim PRODAMAT menggaet Ketua Majelis Dikdasmen PDM Sleman Dr. Suwadi Maujud, untuk menyampaikan materi terkait PJJ dan Anggit Prabowo, M.Pd. untuk menyampaikan materi tentang pengenalan pengembangan subject specific pedagogy.

Sebanyak 88% guru yang berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diadakan menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari hasil nilai pre test-post test. Hal ini mengartikan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diadakan dapat membantu guru-guru dalam mengembangkan subject specific pedagogy matematika  selama pembelajaran jarak jauh berlangsung.

 

Exit mobile version