K2MI Muhammadiyah Latih Guru Madrasah Handal Membuat Media Pembelajaran

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Semakin berkembanganya tehnologi saat ini merambah pada setiap bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Sebagai pejuang di bidang pendidikan tetunya guru juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman terkait dengn teknologi pendidikan. Salah satu media pembelajaran berbasis online yaitu dengan mengunakan Microsoft 365.

Rujito, MPd, Kepala MIM Kenteng dan selaku Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (K2MI) menjelaskan bahwa K2MI Muhammadiyah Kulon Progo bersama-sama menginisiasi untuk melaksanakan pelatihan media pembelajaran berbasis office 365 yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kenteng pada hari Selasa (04/08). Dipandu oleh master of ceremony Pak Juminto Kepala MIM Grubug. Adapun peserta pelatihan  terdiri dari guru-guru MI Muh Garongan, MI Al Falah Kaliwiru, MIM Nogosari, MIM Sendangmulyo, MIM Selo, MIM Garongan, MIM Kenteng, MIM Grubug, dan MIM Serangrejo yang kurang lebih terdapat 40 peserta,” jelasnya.

Dra.Hj Sulasmi, MA selaku Kasi Dikmad Kemenag menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu terobosan dan program yang bagus serta perlu di apresiasi. Karena kegiatan ini memang sangat dibutuhkan untuk menyikapi kegiatan belajar mengajar secara daring, semua guru harus bisa menguasai aplikasi pembelajaran ini. Dapat dilakukan juga dengan membuat vlog pembelajaran untuk penyampaian materi.

K2MI Muhammadiyah Latih Guru Madrasah Handal Membuat Media Pembelajaran

“Diharapkan guru juga dapat memberikan budaya karakter bangsa semasa pandemi bisa diinputkan dalam suplemen kurikulum dan modul pembelajaran online yang sudah dibuat, mari bersama menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi revolusi industri,” jelasnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mawardi mengapresiai kegiatan ini, perlu para guru untuk melek tekhnologi, diharapkan untuk selalu update. Dalam masa pandemi ini insyaAllah Majelis Dikdasmen PDM Kulon Progo akan memberikan modul pembelajaran muhammadiyah khusus untuk semua madrasah dalam masa pandemi sebagai acuannya. Diharapkan semua madrasah ini menjadi penggerak motor peradaban pendidikan di Kabupaten Kulon Progo. “ Jelasnya.

Kuat Hebat Mantap Istimewa merupakan jargon untuk pelatihan pada kesempatan ini. Dengan semangat membara, Yeni Muharomah Kepala MIM AL Falah Kaliwiru membuka sesi pelatihan. Trainer Microsoft 365 adalah Ari Mukhlis, M.Pd dari MIM Kenteng. Beliau memberikan materi kurang lebih 3 jam dengan 2 materi pokok yaitu Pengenalan Mi crosoft 365 dan praktik pembuatan media ajar online berbasis Microsoft Sway dan Microsoft Form.

“Disini kita belajar bersama, kami selaku trainer siap untuk berbagi ilmu yang sudah kami dapatkan dari  Microsft. Tentunya aplikasi online ini merupakan solusi dan jawaban untuk kegiatan belajar mengajar siswa yang efektif dan efisien selama pandemic ini” Pungkas Ari Mukhlis. (ras)

Exit mobile version