PDM Lhokseumawe Bangun Balai KHA Dahlan untuk Pengungsi Rohingya

LHOKSEUMAWE, Suara Muhammadiyah – Balai Pendidikan dan Psikososial bagi pengungsi Rohingya di Desa Meunasah Mee Kandang Kacamatan Muara Dua Lhokseumawe telah di resmikan.

Balai yang di bangun oleh Muhammadiyah Disaster Manajemen Center atau MDMC ini berasal dari donasi PULDAPI yang di amanahkan melalui LazisMu Lhokseumawe sebagai lembaga penghimpun donasi Kebencanaan.

Balai yang dinamai Balai K.H Ahmad Dahlan ini di resmikan oleh Abu Mawardi Wali yang di dampingi oleh Walikota Lhokseumawe, Tgk. Suaidi Yahya juga turut hadir Para Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lhokseumawe Kamis, (6/8).

Seperti diketahui, hampir seratus pengungsi asal Rohingya yang teraung-apung di selat Malaka dan kemudian ditolong masyarakat Aceh dan ditempatkan pada lokasi pengungsian. Perhatian warga Aceh untuk pengungsian ini mendapat respon yang sangat positif dari berbagai NGO internasional dan Muhammadiyah menjadi mitra LSM itu untuk membantu pengungsi.

Koordinator MDMC Lhokseumawe Abdul Gani Haitamy, SH, MH mengatakan “Alhamdulillah, Terima Kasih kami sampaikan kepada Abu Mawardi serta Bapak Walikota yang telah meresmikan Balai Pendidikan dan Psikososial K.H Ahmad Dahlan dengan penuh khidmat, Balai ini merupakan sarana terbaik untuk Saudara kita Rohingya dalam memenuhi fikiran dan mental.”

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lhokseumawe H.Jarnawi, ST, MT mengatakan “Muhammadiyah terus mencoba berkontribusi bagi umat, salah satu nya dalan bentuk aksi nyata pada penangganan Rohingya melalui MDMC”

Apresiasi Walikota Lhokseumawe

Sementara Walikota Lhokseumawe mengatakan “kami dari Pemerintah Lhokseumawe menyampaikan terima kasih kepada NGO yang telah terlibat aktif dalam menanggani pengungsi Rohingya,  kami juga menyampaikan Terima Kasih kepada Muhammadiyah dalam hal ini MDMC yang telah menyediakan sarana ini untuk pengungsi Rohingya di segi Pendidikan dan Psikososial ini,” jelas Tengku Suaidy Yahya.

Sementara Abu Mawardi dalam Tausyiah nya menyampaikan kepada “semoga para donatur diberikan keberkahan, dan Terima Kasih kepada Muhammadiyah yang telah menauponsori pembangunan Balai ini, sukses terus bagi Muhammadiyah.” tutup Abu Mawardi. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version