Khutbah Ta’aruf Hajriyanto di SMP Mutual: Pentingnya Komunikasi dan Menjalin Relasi

Khutbah Ta’aruf Hajriyanto di SMP Mutual: Pentingnya Komunikasi dan Menjalin Relasi

Khutbah Ta’aruf Hajriyanto di SMP Mutual Pentingnya Komunikasi dan Menjalin Relasi

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Salah satu aspek yang akan menentukan keberhasilan dimasa mendatang adalah sejauh mana kemampuan berkomunikasi serta menjalin relasi dengan pihak lain. Ketika ruang komunikasi dan interaksi dibuka maka banyak potensi  kejasama dan kolaborasi yang bisa dilakukan untuk kepentingan bersama. Saat ini yang dibutuhkan adalah melakukan kerjasama agar dapat membangun sinergi.

“Ketika sinergi terbangun maka akan dapat saling mengisi yang akan memperkuat antara yang satu dengan yang lainnya untuk kepentingan terwujudnya keunggulan, orientasi saat ini tidak hanya untuk tujuan kemajuan semata akan tetapi kemajuan yang juga memiliki keunggulan,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari, MA saat menjadi pembicara dalam kegiatan Khutbah Ta’aruf yang diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Sabtu (08/08).

Apabila ingin memiliki keunggulan maka setiap lembaga yang ada termasuk dalam hal ini satuan pendidikan perlu membuka ruang untuk melakukan kerjasama antara yang satu dengan yang lainnya. Agar masing-masing dapat saling belajar ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

Sebenarnya Islam telah mengajarkan manajemen hidup modern yakni berupa anjuran untuk menjalin kerjasama antara pihak yang satu dengan yang lainnya dalam usaha-usaha kebaikan dan kemaslahatan.  

“Dalam  Al – Qur’an Surat Al – Maidah ayat 2 telah dianjurkan pentingnya melakukan tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Perintah tolong – menolong sebagaimana disebutkan dalam ayat tersebut dapat dimaknai sebagai anjuran untuk melakukan kerjasama sekaligus kolaborasi untuk kepentingan kebaikan bersama,” ungkap Hajriyanto.

Kepala SMP Mutual Wasiun, M.PdI menambahkan bahwa kegiatan ta’aruf tahun ini mengambil tema Menjalin Spirit Silaturahmi dan Menumbuhkan Kepedulian. Rangkaian acaranya meliputi Khutbah Ta’aruf dan juga pengenalan lingkungan serta program – program sekolah kepada calon siswa baru. Mengingat saat ini kegiatan di sekolah belum sepenuhnya normal akibat pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) maka kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tatap muka secara on line.   

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang Solichin, S.Ag, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang dan Komite SMP Mutual. (Handy/Riz)

Exit mobile version