Lazismu Medan Gelar Aksi Kemanusiaan Erupsi Sinabung

KARO, Suara Muhammadiyah – Erupsi Sinabung terus berlanjut dalam pekan ini. Kerugian akibat hancurnya lahan pertanian diperkirakan mencapai Rp 41 miliar lebih. Ratusan hektar lahan perkebunan porakporanda. Sebagaian rumah warga di tiga kecamatan juga mengalami kerusakan. Derita petani Sinabung masih akan berlanjut setelah 10 tahun gunung Sinabung terus memuntahkan batu dan debu tebal.

Demikian invstigasi tim Lazismu kota Medan yang dipimpin ketuanya Muhammad Aridin. Karena kondisi prihatin   kemudian Lazismu menggelar aksi kemanusiaan di erupsi Sinabung disampaikan kepada ‘SM”, Jumat (14/8). Tim Lazismu yang turun kelokasi, selain Muhammad Arifin, juga ada  Yudha Pratama, Putrama Al-Khair, Azwin Fahmi Veriansyah dan An-Nisa.

Tim Lazismu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tanah Karo terjun ke desa  Jambur Gungpinto melalukan Mitigasi bencana kepada masyarakat yang terdampak secara langsung dari erupsinya gunung Sinabung sekaligus mendistribusikan bantuan berupa Masker kepada masyarakat.

Investigasi di Tengah  Erupsi

Disampaikan tim Lazismu pada dalam perjalanan menuju desa-desa tersebut di warnai dengan terjadinya beberapa kali erupsi. Ini sempat membuat langkah kami hampir terhenti karena desa-desa yang menjadi tujuan kami merupakan desa-desa yang berada di dalam zona merah.

”Kami tetap bersemangat ketika di berikan informasi terkini keadaan Gunung Sinabung oleh Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang memantau 3 gunung yaitu Sinabung, Sibayak & Pusuk Bukit bahwa saat ini yang terjadi hanyalah erupsi-erupsi kecil yang dapat terkendali, ” jelas Yudha, salah satu tim Lazismu yang berada di lokasi erupsi.

Informasi yang di dapatkan dari BPBD dan berdasarkan pemantauan langsung ke lapangan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan paket makanan bergizi, masker, obat tetes mata, serta obat kulit.  Kedepannya Lazismu Kota Medan, MDMC dan BPBD akan bekerjasama untuk melakukan pendistribusian bantuan agar bantuan yang di berikan dapat tepat sasaran dan merata dengan baik.

Pada hari yang sama Lazismu sudah mendistribusikan ratusan masker kepada penduduk yang terpapar abu Sinabung. Petani berharap ada bantuan sembako karena lahan pertanian mereka hancur.

Untuk membantuk Gerakan Kemanusiaan Sinabung, menyiapkan kantong donasi melalui rekening :

Mandiri Syariah: 711 650 625 9
BRI Syariah : 104 982 018 2
Sumut Syariah : 610 020 100 489 43
BNI Syariah : 200 000 451 2
a.n Lazismu Kota Medan Kemanusiaan

(sertakan kode unik “005” pada tiga digit terakhir nominal donasi, contoh: Rp. 1.000.005)
Konfirmasi Pengiriman & Layanan Jemput donasi Melalui Telepon : 085362314263.

(syaifulh/riz)

Exit mobile version