Membangun Cabang dan Ranting Teguh dan Tangguh

Membangun Cabang dan Ranting Teguh dan Tangguh

Membangun Cabang dan Ranting Teguh dan Tangguh

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketangguhan ekonomi sangat dibutuhkan tatkala harus menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama berbulan-bulan ini. Menyangkut hal ini Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah membuat sebuah gerakan tematik dengan nama “Cabang dan Ranting Teguh dan Tangguh Menghadapi Pandemi Covid-19”.

Dalam gerakan tersebut terangkai berbagai agenda yang dipersembahkan oleh LPCR PP Muhammadiyah. Salah satunya ialah webinar dengan tajuk “Membangun Ketangguhan Ekonomi Digital Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Masa Pandemi Covid-19”. Webinar ini dilaksanakan pada Senin (24/08) lalu. Dihadiri oleh Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah yaitu Muhammad Jamaludin Ahmad, Manajer PSDM PP Muhammadiyah yaitu Arif Nur Kholis, dan dua orang perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dari daerah Limbung Gowa Sulawesi Selatan serta dari daerah Prambanan DIY.

Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah,  Jamaludin, mengungkapkan bahwa gerakan ini harus juga dilakukan sampai ke tingkat cabang dan ranting Muhammadiyah. “Cabang dan ranting harus juga komitmen dalam membangun keteguhan dan ketangguhan. Teguh itu berkaitan dengan ideologi, paham agama, prokol kesehatan juga harus dipatuhi secara teguh. Tangguh itu ekonomi sosial budaya kita harus tangguh,” jelasnya kala membuka agenda webinar.

Jamaludin menjelaskan pula bahwa maksud dari cabang dan ranting yang tangguh secara ekonomi ialah cabang dan ranting yang di masa pandemi Covid-19 ini bukan semakin menurun, melainkan semakin berkembang. Dalam hal ini Jamaludin merujuk pada PCM Limbung Gowa dan PCM Prambanan.

Gerakan yang diusung LPCR ini sebelumnya telah dimulai dengan mengadakan lomba video untuk cabang dan ranting Muhammadiyah dan sayembara sociopreneur dengan tajuk “Cabang dan Ranting Teguh dan Tangguh Menghadapi Pandemi Covid-19 dan dampaknya”.

Selain kegiatan di atas, LPCR juga mengadakan sosialisasi dan kampanye dalam hal menumbuhkan kesadaran media informasi digital untuk melaksanakan dakwah dan mengelola ekonomi cabang dan ranting Muhammadiyah. Terkait hal ini Jamaludin juga mengungkapkan bahwa LPCR PP Muhammadiyah tengah menyiapkan sebuah aplikasi digital dengan nama SalamMu. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mampu menggerakkan cabang dan ranting Muhammadiyah se-Indonesia baik dalam hal dakwah hingga ekonominya. (ran)

Exit mobile version