Menjadi Umat Berkualitas

Menjadi Umat Berkualitas

Prof Dr Syafiq A Mughni, MA

Sebagai umat Islam, kita wajib berdakwah mengajak ke jalan yang benar. Kehidupan kita tidak boleh menjadi kehidupan yang individualistis, yang hanya berpikir untuk dirinya sendiri. Melainkan kita harus membangun jamaah. Dengan itulah maka dakwah mengajak seluruh umat manusia ke jalan yang benar adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Kita harus menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang unggul. Agama Islam membawa kebenaran yang akan mengantarkan ke dalam kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Tetapi tidak cukup mengajak orang lain untuk menjadi Muslim dengan cara yang santun, shalih, dengan hikmah. Kita juga berkewajiban untuk membangun umat Islam yang berkualitas. Kita patut bersyukur umat Islam perkembangannya cukup cepat di dunia. Di berbagai negara yang dulu tidak mengenal Islam, sekarang ini gerakan dakwah berada di mana-mana, masjid-masjid bertumbuhan. Secara keseluruhan umat Islam menunjukkan peningkatan jumlah yang luar biasa

Persoalan kita adalah kualitas umat. Sekalipun banyak tetapi kalau kualitasnya rendah maka ini justru menjadi masalah yang amat besar. Oleh karena itulah maka wajib hukumnya untuk terus berdakwah dalam rangka meningkatkan kualitas umat kita.

Hal yang perlu ditingkatkan yaitu kualitas ilmu pengetahuan. Semakin hari ilmu pengetahuan umat Islam semakin meningkat dan bahkan secara keseluruhan di seluruh dunia. Ilmu pengetahuan tidak pernah surut dari hari ke hari akan terus berkembang. Apakah umat Islam mampu membawa ilmu pengetahuan sehingga menjadi berkah bagi alam semesta. Inilah yang harus kita perjuangkan.

Selain ilmu pengetahuan akan membuat umat kita maju, maka persoalan berikutnya adalah al akhlak al karimah. Apakah kita memiliki akhlak yang tinggi, moral yang luhur, karakteristik yang unggul? Salah seorang penyair telah memberikan peringatan kepada kita semua. Syauqi Bey mengatakan sesungguhnya kejayaan suatu umat (bangsa) terletak pada akhlaknya, apabila akhlak itu hancur, maka jatuhlah umat (bangsa) itu.

Di tengah-tengah kita berhasil mengajarkan ilmu yang sangat maju dengan teori yang sangat berkembang, mengajarkan ilmu dengan teknologi yang sangat canggih, tetapi sering kali mengalami kebocoran. Sekalipun kita telah mempelajari ilmu dengan teknologi yang canggih, gelar yang tinggi, teori yang masyhur tetapi bisa saja pada saat yang sama akhlak kita runtuh.

Oleh karena itu, kita harus mendorong perbaikan akhlak dan perbaikan moral. Tentu ini sangat mahal, tidak otomatis akan terjadi melainkan harus diperjuangkan secara terus menerus secara konsisten. Sehingga kita menjadi umat Islam yang khairu ummah. Akhlak yang unggul menjadi tonggak majunya sebuah bangsa. (Rizqi)

Disarikan dari Ceramah Prof Dr Syafiq A Mughni, MA di Masjid Al Akbar Surabaya. Sumber: Majalah SM Edisi 21 Tahun 2018

Exit mobile version