Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan Madrasah Berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, guru MIM Kenteng ikuti seleksi beasiswa Program PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja) jenis keterampilan senam atas kerjasama antara Lembaga Kursus dan Pelatihan Senam Segar dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 ini.

Rujito selaku Kepala Madrasah menyebutkan bahwa “ Guru MIM Kenteng yang kami delegasikan adalah Rizco Ardian Saputro,S.Pd dan Rita Febri Subarni, keduanya merupakan guru yang biasa mengisi kegiatan senam anak-anak setiap hari Sabtu di madrasah ketika kegiatan KBM sekolah normal sebelum masa pandemi. Bersama dengan 3 delegasi dari Kulon Progo yaitu Suyati mahasiswa UAD PAI Kulon Progo, Farel dan Novita dari Sanggar Puspita Wates Kulon Progo ” Ungkap beliau di Kantor MIM Kenteng.

Seleksi ini diikuti oleh 30 orang pendaftar yang berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang berbeda dengan rentang usia maksimal 30 tahun, ada mahasiswa, guru, ibu rumah tangga, wiraswasta dan lain sebagainya. Program seleksi dimulai bulan Agustus kemudian bagi yang lolos seleksi mengikuti pembukaan pada hari Rabu (16/09/2020) di Studio Senam LKP Senam dan Tari di Jl. Karya Utama Gg. Kurma No,48l, Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh KaBid Pendidikan Masyarakat Dinas pendidikan Kabupaten Sleman Ibu Sri Sumiatun, , PKBM Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ibu Ngatini dan Bapak Sukarjianto, Ketua HIPKI DPC Kabupaten Sleman Bapak Suhartoyo, Ibu Prapti Pemilik Sanggar LKP Senam Segar, staf pengajar pendamping LKP Senam Segar, peserta program pelatihan yang lolos seleksi 25 orang.

Protokol kesehatan pandemi covid-19 teta dilaksanakan yaitu dengan mencuci tangan sebelum masuk ke studio, cek suhu tubuh, memakai masker dan faceshield, serta posisi duduk yang berjarak dan pertemuan yang maksimal 2 jam sesuai dengan anjuran dari pihak Kemendikbud demi keselamatan bersama.

Dalam sambutannya Ibu Prapti selaku pengelola Studio Segar (Seni & Bugar) menjelaskan bahwa Studio ini berdiri sejak 18 Juli 2005 yang merupakan wadah kegiatan olahraga kebugaran senam & tari serta Pusat Pelatihan dan Kursus untuk mencetak tenaga kerja Profesional dibidang Instruktur Kebugaran Senam Aerobik dan Tari. Termasuk sebagai pemandu kebugaran senam dan tari rekreasi di masyarakat secara aman, terarah dan diakui secara legal baik secara nasional dan ASEAN.

“Pelaksanaan pelatihan secara teori dan praktik secara tepat guna dan sistimatik bekerja sama dengan DISPORA Bidang Pemberdayaan, Pendidikan non Formal dan Informal agar memiliki ketrampilan khusus, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja baik sebagai tenaga kerja (Instruktur Senam & Tari) maupun usaha mandiri (Sanggar Senam & Tari) dengan penghasilan yang semakin layak,” ungkapnya..

Kabid Pendidikan Masyarakat Dinas pendidikan Kabupaten Sleman Ibu Sri Sumiatun mengungkapkan bahwa Studio Segar memberikan pembelajaran yang inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberi ruang untuk prakarsa dan kreatif, serta membangun jiwa kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan peserta didik berdasarkan pengamatan langsung” Ungkap beliau

Besar harapan kami bahwa untuk beasiswa program ini fokus pada Kursus Pelatih Senam Level Dasar dan Level Terampil, Program Pelatihan/Workshop YOGAPILATES bagi instruktur.senam kebugaran, Sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional (TUK) yang didukung oleh pengelola sebagai Penguji Kompetisi Nasional (Acessor)” Tambah Ketua HIPKI DPC Kabupaten Sleman Bapak Suhartoyo.

Kegiatan ditutup dengan penampilan dari kakak angkatan sebelumnya yaitu yogapilates, senam steprobic atau senam dingklik dan ramah tamah yang diisi dengan tanya jawab. (ras)

Exit mobile version