Dadang Kahmad: UM Bandung Kampus Masa Depan

Prof Dr Dadang Kahmad, MSi

Prof Dr Dadang Kahmad, MSi

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) Prof Dr Dadang Kahmad, MSi menyambut baik para mahasiswa baru yang dalam acara bertajuk “Pesonamu”.

“Alhamdulillah di pagi hari ini kita bersama-sama menghadiri acara Pesonamu, acara yang sangat  bagus luar biasa yang dikemas oleh UM Bandung dalam rangka menyambut mahasiswa baru yang luar biasa,” ungkap Dadang dalam sambutannya dalam video telekonferensi, Kamis (1/10).

Dadang menyambut seluruh mahasiswa baru yang telah bergabung di UM Bandung, Universitas yang menjanjikan masa depan. UM Bandung ini berada di bawah naungan PP Muhammadiyah bersama 170-an Universitas yang lain. Yang artinya, menurut Dadang para mahasiswa bergabung juga dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

 “Saya sebagai ketua BPH, menurut perhitungan kami UM Bandung adalah Universitas yang ke depannya sangat menjanjikan baik fisik maupun non-fisik. Oleh karena itu anda harus berbahagia menjadi mahasiswa UM Bandung,” kata Dadang.

Berkenaan dengan masa ini, saat telah menjadi mahasiswa, menurutnya berbeda dengan suasana di SMA/SMK. Ketika menjadi mahasiswa peranan dari pribadi ini sangat menentukan kesuksesan di masa depan.

 “Betapa banyak lulusan Universitas maju atau terkenal namun pribadinya tidak berkembang maka mereka pun tidak bisa mengeksiskan diri di dunia,” lanjutnya.

Dadang menjelaskan bahwa ada beberapa kunci kemajuan yang harus dipegang oleh mahasiswa. Diantaranya, Iqra (bacalah), menurutnya sangat penting membaca pengetahuan umum sebanyak-banyaknya. Hal ini masih menjadi PR Indonesia karena minat baca yang sangat minim terjadi di Indonesia.

Selain membaca, lanjut Dadang, mahasiswa agar maju harus mau menjadi peneliti.  Melihat problem yang terjadi di masyarakat, apa yang dibutuhkan di sekitar, dan melakukan percobaan. Yang ketiga, mahasiswa juga harus bisa menjadi penulis, karena publikasi sangat penting bagi kemajuan. Tak lupa, sebagai mahasiswa pun harus menjadi pembicara yang baik.

Apabila keempat hal tersebut dimiliki maka, para mahasiswa akan lulus dengan baik dan bermanfaat di masyarakat. “Zaman nanti ketika anda lulus telah berubah karena yang dibutuhkan kolaborasi, Komunikasi, berpikir kritis, berpikir kreatif. Dosen-dosen akan jadi mentor anda sehingga dapat lulus dengan baik,” ujarnya. (ppmuh/riz)

Exit mobile version