Berkemajuan, Ilmu Komunikasi UMY Kembali Rilis Jurnal Mahasiswa

Berkemajuan, Ilmu Komunikasi UMY Kembali Rilis Jurnal Mahasiswa

Jurnal Audiens UMY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali merilis Jurnal Audiens, Sabtu (17/10). Rilisan Jurnal Audiens ini merupakan  volume 2 nomor 1, yang sekaligus menjadi edisi kedua.  Ada lima belas artikel yang berhasil lolos review dan terbit di Jurnal Audiens yang merupakan jurnal mahasiswa.

Editor in Chief Jurnal Audiens, Dr. Fajar Junaedi menyatakan bahwa keseluruhan artikel yang terbit merupakan karya mahasiswa yang menjadi luaran dari mata kuliah dan skripsi. “Proses perkuliahan  di beberapa mata kuliah dan skripsi diorientasikan untuk menghasilkan luaran dalam bentuk artikel format jurnal, sehingga mahasiswa aware dengan riset,” jelas Fajar.

Ada tiga puluh dua mahasiswa Ilmu Komunikasi yang artikelnya berhasil terbit di jurnal ini melalui proses review yang panjang. “Kebanyakan mahasiswa menulis artikel dalam tim riset dengan jumlah anggota dua sampai tiga, yang selama kuliah difasilitatori dosen untuk menulis,” sebut Fajar.

Dosen Ilmu Komunikasi UMY menambahkan sejak di bangku kuliah, mahasiswa telah diajak untuk mengakrabi riset, gaya selingkung penulisan jurnal, citasi, dan mekanisme pengiriman artikel melalui sistem jurnal online. Jurnal Audiens adalah jurnal mahasiswa Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia yang dikelola dengan mekanisme Online Journal System (OJS). (Riz)

Exit mobile version