PCM Pracimantoro Adakan Latihan Kader

PCM Pracimantoro Adakan Latihan Kader

PCM Pracimantoro Adakan Latihan Kader

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah – Telah berlangsung penutupan acara Latihan Kader Muhammadiyah (LKM) tingkat dasar pada Jumat, 6 Nov 2020 / 21 Robiul Awal 1442 H di aula SDMPK Pracimantoro.

LKM 20 jam tersebut diikuti oleh 30 kader Muhammadiyah yang berasal dari AUM mupun Ortom. Acara berkangsung 10 kali pertemuan pada setiap malam Sabtu. Setiap pertemuan berlangsung 2 jam, dengan satu atau dua tema bahasan.

Pelatihan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa (andragogi), yang mana pemateri dari peserta sendiri. Senior hanya berposisi sebagai fasilitator.

Metode andragogi dimaksudkan peserta akan berlatih total untuk memiliki nilai-nilai kepemimpinan. Seperti keberanian, kemamp kerjasama, kemandirian, kemampuan mengorganisir masalah dan merancang solusi, kemampuan komunikasi, dan visioner.

Materi LKM meliputi; Ajaran Islam (Tauhid) yang pahami Muhammadiyah; Muhamadiyah di tengah harokah; AD-ART : Sejarah Muhammadiyah; Keorganisasian, Ke-Ortom- an; Ke-AUM-an, dan sebagainya.

Sebagai followup LKM ini, alumni akan adakan kunjungan ke tokoh Muhammadiyah sekitar Pracimantoro. Maksud kunjungan adalah agar alumni mendapat kearifan dari masing masing tokoh, serta terjalin estafeta perjuangan antar generasi. (awt)

Exit mobile version