Cafe Baca, Inkubasi Wirausaha Mahasiswa Unimma

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Perpustakaan Muda Bhakti, yang terletak di Dusun Purwosari, Ngablak, Srumbung. Tema kegiatannya adalah : Pengelolaan Perpusdes dengan Inkubasi Wira Usaha, yang bertujuan mengembangkan jiwa kewira usahahaan bagi pengelola dan masyarakat sekitar perpustakaan.

Kegiatan ini akan berakhir tanggal 30 Desember 2020. Kelompok PPMT ini beranggotakan Frida Wiryani, Balgis Riski, Fadilah Hasti yang ketiganya berasal dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, serta Arina amalia dan Dwi Ochtaviani yang berasal dari prodi Manajemen. Dosen pembimbing kelompok ini adalah R. Arri Widiyanto, S.Kom, MT yang merupakan Dosen prodi Teknologi Informasi.

Rangkaian program kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan sosialisasi dilaksananakan kepada pengelola Perpusdes tentang kegiatan-kegiatan yang adakan dilaksanakan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan untuk mendukung kewira usahaan bagi pengelola Perpusdes dan ibu-ibu PKK, dan perwakilan UMKM Gerbang Kuliner Salak.

Materi pelatihan tentang pembuatan merchandise perpustakaan yang berupa masker kain, gantungan kunci, bros, tas dari bahan kain flanel dan dakron yang diberi brand Perpustakaan Muda Bhakti Ngablak. Kegiatan berikutnya adalah merintis pembukaan “Cafe Baca”. Konsep Cafe Baca adalah membaca koleksi perpustakaan sambil ngopi dan makan camilan, serta membeli merchandise yang disediakan.

Selain itu keberadaan Cafe baca membangkitkan semangat wira usaha bagi masyarakat sekitar dengan menjadi supplier dari produk-produk yang dipasarkan di cafe baca, sehingga timbul sinergi antara perpusdes dengan masyarakat disekitarnya.

“Mbak, aku senang kalau ada pelatihan pelatihan seperti ini soalnya bisa mengisi waktu luang juga kalau di perpustakaan sedang sepi. Apalagi bisa menghasilkan pundi-pundi juga,” ungkap Siti salah satu peserta Pelatihan Kewirausahaan.

Milta Eliza selaku kepala Perpustakaan Muda Bhakti menyambut baik kegiata-kegiatan yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa Unimma di perpustakaan yang dipimpinnya.

Kegiatan lain adalah pelatihan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) meliputi sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 berupa penggunaan masker dan cara cuci tangan yang benar terhadap anak-anak dalam tujuan mematuhi protokol kesehatan COVID-19, serta pemasangan tempat cuci tangan dan mengadakan penghijauan. 

Kegiatan terakhir adalah program pendampingan meliputi pendampingan perpustakaan keliling lokasi di salah satu TPA yaitu TPA Ngablak, Srumbung selama tiga hari. Pendampingan administrasi perpustakan yaitu dengan memberikan nomer induk buku yang belum terdata. 

“Wah mbak, terimakasih banyak sudah dibantu untuk pendataan bukunya. Jujur kalau saya sendiri yang menginput data buku dari komputer itu sehari baru dapat satu buku saja mbak,” ungkap Tukinah salah satu pengelola perpustakaan.

Kepala Desa Ngablak Amri Subkha yang di dampingi Sekdes Achmad Ridwan, mengapresiasi kegiatan PPMT ini dan berharap masih ada kelanjutan kegiatan ini dalam bentuk lain, terutama kegiatan yang berhubungan dengan pemerintahan desa, hal itu disampaikan pada saat pamitan mahasiswa peserta PPMT dengan perangkat desa Ngablak Minggu lalu. (Arief Hartanto)

Exit mobile version