Kisah Ermelinda, Biarawati Sarjana Pendidikan Kampus Muhammadiyah

SORONG, Suara Muhammadiyah – Berbeda bukan berarti menjadikan kita terpecah dan bermusuhan. Masalah perbedaan seharusnya sudah selesai sejak manusia pertama tinggal di bumi, sebab semua manusia berasal dari manusia yang sama. Walaupun berbeda, mari kita melebur menjadi satu untuk menciptakan warna-warni keindahan. Sebagaimana telah ditorehkan oleh UNIMUDA Sorong.

Ermelinda A. Hale adalah seorang Biarawati yang berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Ia resmi menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) melalui Yudisium Angkatan XIII Gelombang IV Tahun Akademik 2019/2020.

Mahasiswa asal Kupang tersebut menyampaikan bahwa ia merasa sangat bersyukur telah berkuliah dan sekaligus menyelesaikan pendidikannya di UNIMUDA Sorong. Walaupun dirinya berbeda dari yang lainnya dalam hal agama dan profesi sebagai Biarawati, ia mengaku tidak sendirian. Bersama teman-teman yang berbeda latar belakang ia merasa senang dan bahagia karena saling mendukung dan membantu dalam perkuliahan.

Atas pertimbangan dan persetujuan orang tua dan Pimpinan Tarekat, Ermelinda memilih UNIMUDA Sorong sebagai tempatnya belajar karena hanya UNIMUDA satu-satunya kampus di Papua Barat yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Walaupun berbeda-beda suku, ras, dan agama, selalu tampak persatuan dan kebersamaan di dalam UNIMUDA. Soal mata kuliah Bahasa Arab ia bercerita pernah merasa kesulitan di awal-awal perkuliahan. Merasa berat dan kaku dalam menulis huruf arab. Karena dukungan dari para dosen pengajar dan teman-teman Muslim yang lain, akhirnya ia bisa menjalani perkuliahan sampai selesai.

Di UNIMUDA, Ermelinda mengaku memiliki tempat favorit untuk belajar bersama teman-temannya, yaitu Gazebo yang diberi nama Rumah Mahasiswa Multikultural. Di akhir perbincangan ia menyampaikan harapan untuk UNIMUDA agar tetap terdepan dan Berjaya. “Semoga UNIMUDA tetap jaya, tetap mencerdaskan anak-anak bangsa. Semoga calon-calon pendidik muda bisa lebih baik, disiplin dalam pendidikan dan segala hal,” harapnya.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbesar di wilayah Indonesia Timur. Berawal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong, pada tahun 2018 resmi berubah bentuk menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Di usia mudanya, UNIMUDA Sorong telah terakreditasi institusi B (Baik Sekali) dengan mencatatkan berbagai prestasi dan telah menghasilkan lulusan terbaik yang berdaya saing nasional dan internasional. (diko)

Saksikan kisah Biarawati Ermelinda

Exit mobile version