Juara Berbagai Perlombaan Nasional, UMY Panen Prestasi di Masa Pandemi

Juara Berbagai Perlombaan Nasional, UMY Panen Prestasi di Masa Pandemi

Mahasiswa Juara Berbagai Perlombaan Nasional

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil menjuarai berbagai perlombaan tingkat nasional. Hal ini menunjukkan meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini semangat produktivitas mahasiswa terus meningkatkan prestasi baik dalam hal akademik maupun softskill.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh Mahasiswa UMY pada Bulan Desember 2020, diantara lain adalah Juara 3 Kategori Lomba Penulisan Cerpen oleh Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Made Dike Julianitakasih Ilyasa dalam perlombaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2020.

Kemudian pada kompetisi FFMI mendapatkan Juara 1 yang diraih oleh UKM Kine dengan karya film berjudul ‘Dalam Jaringan’ dan Juara Harapan 3 yang diraih oleh komunitas film Ciko UMY dengan karya film ‘Ayo Dolan!’, serta dalam kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi 2020 yang mendapatkan juara 3 untuk jenis mobil prototype dengan kategori motor listrik dan sistem kontrol yang merupakan karya dari Khad Eco Team UMY.

Hal ini ditanggapi dengan rasa syukur oleh Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY (LPKA UMY), Faris Al-Fadhat, PhD saat ditemui pada hari Kamis (4/12) di ruang LPKA UMY.

Ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan lomba mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Oktober hingga Desember memang cukup padat. Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Hingga akhirnya kegiatan kompetisi perlombaan pun dilaksanakan secara daring.

Selanjutnya Faris juga menyampaikan bahwa tahun ini UMY memiliki tren positif dalam peningkatan prestasi mahasiswa. ”Saya kira  saat ini menjadi sebuah tren capaian prestasi mahasiswa. Capaian prestasi mahasiswa pada tahun ini cukup tinggi dari tahun 2018 hingga 2020 saat ini. Sehingga tren capaian prestasi mahasiswa ini kami dorong untuk tetap aktif dalam kegiatan kampus dan tetap berprestasi,” tuturnya.

Faris menambahkan bahwa capaian prestasi mahasiswa UMY ini dilalui melalui proses support dari universitas serta upaya memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. ”Kami juga memberikan reward atas capaian prestasi kepada mahasiswa, karena prestasi dilaksanakan dengan proses yang cukup panjang sehingga kami ingin menghargai bahwa juara mahasiswa mendapatkan penghargaan dari kampus yang sudah diatur oleh SK Rektor,” tambahnya.

Menurut Faris UMY terus menunjang prestasi mahasiswa dengan terus mendorong Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mengadakan program seleksi dan pembinaan. Hal tersebut dilakukan agar lebih pro aktif dalam mencari bibit-bibit unggul mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di UMY. (sofia)

Exit mobile version