UMP untuk Indonesia, Sebar Mahasiswa KKN ke 8 Kabupaten

Kantor Pusat UMP

Kantor Pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayrakat (LPPM) menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggunakan model daring, Sabtu (12/12), peserta bakal disebar di delapan kabupaten.

Kepala LPPM Dr.Suwarno,M.Si mengatakan sedikitnya 1173 peserta KKN yang hadir dalam pembekalan KKN secara daring sebanyak 972 orang. Pembukaan pembekalan KKN dimulai pukul 08.00 WIB dipandu oleh Sekretaris LPPM Agus Mulyadi,SP,MP.

“Peserta pembekalan masih disebut sebagai calon peserta KKN karena bisa saja tidak lulus jika tidak memenuhi syarat. Disampaikan oleh Suwarno bahwa KKN pada periode Januari nanti akan disebar di 8 Kabupaten yaitu Banyumas, Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Pemalang, Brebes dan Cilacap,” jelasnya.

Dijelaskan, kabupaten yang digunakan sebagai lokasi KKN diawali dengan pemilihan oleh mahasiswa terlebih dahulu, termasuk lokasi desanya, dan ini yang membedakan dengan KKN sebelumnya, dimana Panitia yang melakukan survei terlebih dahulu.

Sementara itu, Rektor UMP Dr.Anjar Nugroho dalam sambutannya mengatakan pembekalan secara daring yang dilaksanakan oleh LPPM sebagai salah satu cara meminimalisir kerumunan di kampus yang dapat menyebabkan peningkatan risiko paparan Covid.

“Pelaksanaan pembekalan yang pertama kali dilakukan secara daring ini diharapkan bisa memberi kemudahan dan kesempatan pada mahasiswa untuk tetap bisa mengikuti kegiatan di rumah, saya harap mahasiswa bisa mengikuti dengan serius, tidak terlalu santai sehingga tujuan peningkatan kualitas dan kapasitas mahasiswa tidak tercapai,” ujarnya.

Rektor juga berharap aspek kemampuan mahasiswa alumni UMP dapat diandalkan di lapangan kerja nanti. “Setelah lulus dari KKN dan dari UMP semoga teman-teman mahasiswa bisa mengambil banyak pelajaran dan menjadi generasi yang lebih baik,” pungkasnya. (Eka/Tgr)

Exit mobile version