Darul Arqam Kampung Baru Lahirkan Santri Tahfidz

Santri Tahfidz

Darul Arqam Kampung Baru Terus Lahirkan Santri Tahfidz

LABUHANHAJI, Suara Muhammadiyah – Darul Arqam Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung Baru Ahad (13/12/20) melaksanakan Wisuda Tahfidz Quran Angkatan 1 untuk Riwayat tahfidz 1 Juz sampai dengan 5 Juz. Santri Darul Arqam saat ini berjumlah sebanyak 100 santri dimana 34 Orang santri laki-laki dan 66 orang santri perempuan.

Sementara itu santri yang diwisuda merupakan santri Rumah Tahfidz Darul Arqam Kampung Baru yang baru berdiri sejak Maret 2020 lalu. Dari 100 santri Rumah Tahfidz Darul Arqam, yang diwisuda sebanyak 46 santri dengan kategori 1 juz diwisuda sebanyak 23 santri, 2 juz sebanyak 14 santri, 3 Juz sebanyak 5 santri, 4 Juz sebanyak 3 santri, dan untuk kategori 5 Juz hanya baru dicapai oleh 1 orang santri atas nama Farhan Shiddiq.

Acara yang diikuti oleh seratus santri Darul Arqam, wali santri dan para undangan dari berbagai unsur masyarakat ini dilaksanakan di komplek Darul Arqam Kampung Baru Labuhanhaji, Aceh Selatan. Dalam kegiatan ini dihadiri Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung Baru, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Selatan dan juga Pimpinan Cabang Muhamaadiyah, Aisyiyah, dan Ortom se Labuhanhaji Raya. Pimpinan Pondok Pesantren Al-Munjiya Labuhanhaji Barat Ustaz. H.M. Yunus, Lc, dan juga Ketua Lazismu Kantor Layanan Labuhanhaji Raya juga turut hadir dalam kegiatan Wisuda Tahfid tersebut.

Pimpinan darul Arqam Kampung Baru Ustaz. Suhaimi dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak Rumah Tahfidz didirikan maret 2020 seyogyanya sudah dilaksanakan wisuda tahfidz quran untuk 1 Juz, Setelah Idul Fitri 1441 lalu. Namun karena issue pandemi corona (Covid-19) semakin merebak maka ditunda hingga dilaksanakan pada Desember 2020 ini dengan jumlah dan kategori hafalan yang semakin bertambah.

“Alhamdulillah, meski Rumah Tahfidz Darul Arqam baru berdiri dan rencana wisuda sempat tertunda maka saat ini yang diwisuda semakin bertambah dari perkiraan awal” kata Suhaimi dalam laporannya. Ia berharap selanjutnya santri-santri ini akan mendapat perhatian lebih dari orang tuanya sehingga hafalannya semakin bertambah untuk wisuda selanjutnya.

Dalam laporannya ini, Pimpinan Darul Arqam menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Muhammadiyah Labuhanhaji Raya, simpatisan dan juga wali santri yang telah ikut berpartisipasi terlaksananya acara wisuda tahfidz ini. Rasa terima kasih juga disampaikan kepada Anggota KOKAM Aceh Selatan Wilayah Labuhanhaji Raya yang ikut melakukan pengawalan terhadap kelancaran acara ini.

Selanjutnya Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung Baru Bapak Amran, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pimpinan dan pengurus Darul Arqam yang telah bersusah mengerahkan tenaga dan fikirannya untuk kemajuan Rumah Tahfidz Darul Arqam Kampung Baru ke depan. Dengan adanya Rumah Tahfidz ini berharap anak-anak akan semakin dekat dan cinta dengan Alquran.

Ustaz. H. Arinal, Lc selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Selatan dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan haru serta memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas prestasi yang dicapai Darul Arqam yang baru berdiri tetapi sudah bisa mewisuda santri tahfidz 1 juz sampai 5 juz. Dalam sambutannya Ketua PD Muhammadiyah Aceh Selatan sangat mengharap kepada orang tua untuk terus mendampingi anak-anak dalam belajar dan juga menghafal Al-Quran, karena sesungguhnya belajar yang terbaik itu adalah di rumah bersama orang tua yang waktunya lebih panjang.

Selanjutnya Ustaz Arinal menyampaikan sebuah petuah Arab yang berbunyi “kamu mengharapkan suatu kesuksesan tetapi kamu tidak mau melampaui atau menjalani jalan-jalannya, sesungguhnya kapal itu tidak akan berjalan di atas darat” demikian petuah hidup yang disampaikannya. “Sungguh kesuksesan itu akan didapat dengan usaha keras kita maka jika tidak mau berusaha jangan berharap bisa suskes,” tutup Ustaz Arinal.

Selanjut setelah menutup sambutan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Selatan meresmikan Pesantren Darul Arqam Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kampung baru Labuhanhaji, Aceh Selatan. Dengan dilakukan pembukaan selubung plang nama Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Kampung Baru. Darul Arqam ini akan menjadi cikal bakal lahirnya para tahfidz generasi qurani ke depan.

Setelah mewisuda santri tahfidz, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Munjiya Ustaz Yunus menyampaikan nasehat sebagai bentuk tausiyah motivasi kepada santri dan juga kepada orang tua santri tentunya untuk tidak ragu berharap agar anak-anaknya kelak akan menjadi hafidz hafidzah.

“Tangisan haru anak-anak hari ini merupakan bukti keihklasan mereka dalam belajar Al-Quran (tahfidz) sehingga do’a-doa mereka akan diijabah oleh Allah swt” kata Ustaz dalam nada harunya.

“Sungguh Allah akan menolong orang-orang yang selalu terpaut hatinya dengan Alquran, dan orang-orang yang hafal Al-Quran sungguh dia akan memasangkan mahkota di kepala kedua orang tua di syurga nanti” kata Ustaz Yunus dalam tausiyahnya.

Di akhir tausiyahnya Ustaz Yunus memberikan bonus kepada santri yang hafal 5 Juz dengan memberikan bantuan biaya untuk mengikuti muqqayyam di Banda Aceh yang rutin dilaksanakan saat liburan sekolah. Bantuan ini diberikan jika santri bersedia dan mendapat izin dari orang tua santri. (Anhar Rijalulbahri)

Exit mobile version