Geliat Ekonomi Pemuda Muhammadiyah Kendal

Beberapa waktu yang lalu, Suara Muhammadiyah melawat ke Kendal, Jawa Tengah. Lawatan tersebut dalam rangka membahas tindaklanjut kerjasa Suara Muhammadiyah dengan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kendal. Intinya, dalam waktu dekat, lewat Pemuda Muhammadiyah ini akan lahir Suara Muhammadiyah Kendal.

Wahyu Agus Yulianto Ketua Bidang Ekonomi PDPM Kendal mengungkapkan, kerjasama dengan Suara Muhammadiyah adalah dalam rangka untuk melebarkan sayap bisnis yang dikelola oleh Pemuda Muhammadiyah setempat. “Kami sudah memiliki CV Surya Perkasa Muda (SPM), dan kami ingin mewujudkan kemandirian ekonomi PDPM Kendal,” ucap Direktur CV SPM itu.

CV SPM sendiri, ia menuturkan, sudah berdiri sejak 2017 lalu dan sudah memiliki tiga unit usaha jasa. Yaitu usaha pengadaan tenaga security (satpam), pengadaan jasa cleaning service, dan jasa tour and travel. “Semua sudah berjalan baik, dan yang paling bagus perkembangannya adalah tour and travel Puma (Pemuda Muhammadiyah),” ujar Agus.

Pendirian CV ini, berawal dari kegelisahan Pemuda Muhammadiyah Kendal terhadap Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang ada lebih sering menggunakan dan mempercayakan jalinan kerjasa dengan pihak luar persyarikatan. “Ini sangat memprihatinkan sekaligus kami jadikan peluang untuk mencoba memulai usaha. Jelas bukan perkara mudah agar AUM mau menggunakan jasa kita,” terang Direktur CV SPM tersebut,

“Tapi Alhamdulillah, kami bisa melawati tahap susah itu, dan kini ada beberapa AUM dan instansi di luar Muhammadiyah yang sudah percaya dan bermitra dengan kita,” imbuh Agus.

Selain dor to dor, Ahmad Zulkahan Ketua PDPM Kendal menambahkan, untuk menghidupkan CV milik Pemuda Muhammadiyah ini, pihaknya juga sudah meminta PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) setempat guna mengintruksikan kepada seluruh AUM agar memakai jasa Pemuda Muhammadiyah. “Kami meminta surat cinta kepada PDM agar semua AUM mau menggunakan jasa kami. Tapi ya belum semua dan baru sebagian saja,” kata Zulkhan.

Bukan sekedar melihat peluang dan memaksa AUM untuk menggunakan jasa mereka, tapi kesungguhan Pemuda Muhammadiyah Kendal ingin memajukan CV SPM-nya sudah cukup maksimal. Di antaranya dengan mengadakan berbagai pelatihan baik untuk calon tenaga security, cleaning service, dan pelatihan guide tour. “Pelatihan semacam ini rutin kami adakan agar pengguna saja kami puas dengan layanan yang kami berikan,” papar Komandan Kokam Kendal Bidiyono.

“Hasil dari pelatihan yang kita adakan sejauh ini bisa melahirkan SDM yang cukup memuaskan. Oleh beberapa mitra kami, kami lebih diunggulkan dari pada vendor lain, saingan kita,” tambah Komandan Kokam itu.

Semangat ekonomi yang dibangun PDPM Kendal ini tidak lepas dari putusan Muktamar 47 yang ingin menjadikan ekonomi sebagai pilar ketiga persyarikatan. “Kami baru memulai dan baru memiliki tiga unit usaha. Mohon doanya dari temen-temen, semoga ini bisa berkembang,” pungkas Zulkhan. (gsh)

Sumber: Majalah SM Edisi 21 Tahun 2018

Exit mobile version