Tapak Suci Bantul Bangun Padepokan Pencak Silat

Tapak Suci Bantul Bangun Padepokan Pencak Silat

Tim legal dan tim konstruksi sedang menyiapkan perencanaan Dok TS Bantul/SM

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul Drs. H. Saebani, MA mengukuhkan panitia pembangunan padepokan Tapak Suci Bantul. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung Dakwah PDM Bantul pada hari Kamis 24 Desember 2020.  Kehadiran padepokan ini akan melengkapi fasilitas olahraga di Bantul khususnya untuk pembinaan pencak silat.

Dalam amanatnya PDM Bantul meminta agar panitia bekerja keras dengan ihlas dan jujur guna terwujudnya padepokan Tapak Suci. Saebani menjelaskan sebagai sebuah gerakan amaliah Muhammadiyah tak pernah surut melangkah sehingga setiap proyek amal usahanya berhasil terwujud. Maka pihaknya yakin Tapak Suci dengan dukungan umat dapat mewujudkan tempat pembinaan yang ideal berupa padepokan.

Ketua Umum Pimda 02 Tapak Suci Bantul Yudha Kurniawan menjelaskan bahwa padepokan Tapak Suci akan dibangun di sebidang tanah wakaf PDM Bantul seluas 612 meter persegi yang terletak di dusun Melikan. Desain padepokan mendukung fungsi pembinaan ragawi keilmuan pencak silat, prestasi olahraga serta seni. Sekaligus mendukung fungsi pembinaan ruhani / mental spiritual. Selain itu padepokan juga dapat dimanfaatkan untuk dakwah dan kegiatan positif lainnya.

Sementara itu Ketua Panitia pembangunan padepokan Rowin Harry Aprinal mentargetkan pada tahap awal akan menyelesaikan pembangunan jembatan serta pondasi keliling lahan. Selanjutnya baru dapat dilakukan pengurukan lahan, kemudian baru dapat dibangun padepokannya.  Selain itu aspek legal juga ditempuh sesuai prosedur untuk mentaati semua peraturan perijinan yang ada. (YK/Riz)

Exit mobile version