Kader Persyarikatan Bisa Mendapatkan Beasiswa Profesi Advokat

PADANG, Suara Muhammadiyah – Majelis Hukum dan Ham Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar Rapat Kerja terkait pembentukan Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah Sumatera Barat di Convention Hall Yunahar Ilyas Kampus III UMSB, Sabtu, (26/12/2020). UMSB berkomitmen memberikan beasiswa khusus profesi advokat kader persyarikatan untuk ditempatkan di LBH PDM se-Sumbar.

Dalam Rapat kerja tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) dan dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Ketua Majelis Hukum dan HAM PWM Sumbar Boyzardi mengatakan selain pembentukan Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah, agenda lainnya adalah berupa nota kesepahaman dengan Lazismu dan Fakultas Hukum UMSB terkait beasiswa yang diberikan kepada kader calon advokat.

Beasiswa tersebut lanjut Wakil Rektor III Moch. Abdi, M.M merupakan beasiswa Program Khusus Profesi Advokat seperti yang telah dilaksanakan beberapa periode oleh Fakultas Hukum UMSB, beasiswa ujian profesi advokat dan pengambilan sumpah advokat.

“Nantinya kader advokat tersebut akan ditempatkan di Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah Sumatera Barat dan akan diberdayakan untuk permasalahan yang berkaitan dengan hukum di Muhammadiyah,” ujarnya

Lebih jauh dia menyampaikan Beasiswa yang diberikan Lazismu ini nantinya akan disinergikan dengan Fakultas Hukum karena kader advokat diharapkan lahir dari Fakultas Hukum UMSB dan ini merupakan terobosan baru karena banyak calon advokat tamatan Fakultas Hukum yang tidak bisa melanjutkan Program Profesi advokat karena terbentur oleh biaya.

Dengan adanya nota kesepahaman ini diharapkan kader advokat yang ada dapat mengikuti seluruh rangkaian profesi advokat dengan adanya beasiswa dari Lazismu dan bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah. (RI)

Exit mobile version