Musypimda ‘Aisyiyah Kubu Raya Rumuskan Strategi Dakwah Perempuan Berkemajuan

KUBURAYA, Suara Muhammadiyah – PDA Aisyiyah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Gelar Musypimda
Ahad, 27 Desember 2020 Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menghelat acara Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) Aisyiyah Kubu Raya dengan mengangkat tema “Dengan Musypimda Kita Tingkatkan Kinerja Aisyiyah Menuju Gerakan Islam Berkemajuan ” bertempat di Rasau Jaya.

‘Aisyiyah sebagai salah satu organisasi otonom bagi wanita Muhammadiyah yang didirikan di Yogyakarta pada 27 Rajab 1335 H bertepatan dengan 19 Mei 1917 oleh Nyai Ahmad Dahlan, Aisyiyah yang merupakan komponen perempuan persyarikatan Muhammadiyah telah memberikan corak tersendiri dalam ranah sosial, pendidikan, kesehatan, serta keagamaan yang selalu menjadi titik tolak gerakannya dan kini telah memasuki abad kedua eksistensinya.

Salah satu agenda rutin Aisyiyah adalah gelaran acara Musypimda sebagai forum permusyawaratan dalam organisasi tingkat wilayah sampai ranting ini, bertujuan untuk merumuskan potensi dan evaluasi strategi pengembangan dakwah perempuan Islam Berkemajuan di Aisyiyah Kubu Raya.

Acara Musypimda kali ini didukung sepenuhnya oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kubu Raya Untung Suprapto dan tausiyah disampaiakan H. Wasilun , acara ini dihadiri semua Pimpinan dan utusan pengurus Cabang Aisyiyah dari 7 kecamatan se Kubu Raya dan Sambutan dan Pembukaan oleh Ketua PWA Dra. Hj. Wagiyem M.Pd, Camat dan dari Polres.

Sebagaimana dituturkan Dra. Hj. Yuni Hartatik M.Pd, Sekretaris Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat “ di PDA KUbu Raya terdapat 7 PCA ( Pimpinan Cabang Aisyiyah ) dan dan 27 PRA ( Pimpinan Ranting Aisyiyah ) dimana 13 terbentuk pada tahun 2019-2020 dengan adanya program TBC-HIV Care, adapun 10 ranting dari 13 yang terbentuk berada ada di Kecamatan Sui Kakap

Disamping itu ada Amal Usaha berupa TK PAUD Aisyiyah sebanyak 14”.
Berbagai program unggulan yang dilaporkan dalam acara tersebut antara lain Program TBC-HIV yang merupakan program dari PPA (Pimpinan Pusat Aisyiyah) dilanjutkan kerjasama PDA Kubu Raya melanjutkan program ini melalui Majelis Kesehatan yang ditandai acara closing program dan penandatanganan kerjasama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Sui Durian.

Dengan adanya program TBC-HIV juga terbentuknya BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ” Aisyiyah) dan di PCA Sui Kakap yang merupakan penyegaran pengurus akan didirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) “Aisyiyah dan sedang proses untik pendirian program paket A, B, C.

Berbagai tanggapan atas laporan dari Pimpinan PDA Kubu Raya didampaikan oleh utusan Cabang atas program yang telah dan akan dijalankan untuk kemajuan dan kesejahteraan pengembangan dakwah perempuan Islam Berkemajuan di Aisyiyah Kubu Raya. (arief h)

Exit mobile version