Mahasiswa Muhammadiyah Menjadi Sukarelawan, Ajarkan Media Pembelajaran Sederhana ke Rumah Siswa

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Muhammadiyah menjadi sukarelawan Bimbingan Belajar siswa dengan Media Pembelajaran Sederhana di Masa Pandemi Covid-19. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat berarti dalam kegiatan atau aktivitas belajar mengajar.

Seperti dilakukan Wahyu Nia Nuari Sanjaya, mahasiswi semester 3 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo). Nia, sapaannya, ingin menjadi mahasiswi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Saya menyediakan bimbingan belajar dengan suka rela, di masa pendemi seperti ini memang sangat penting mendapatkan ilmu pengetahuan yang mana sekolah masih dilaksanakan dari rumah atau pembelajaran jarak jauh,” ungkap Nia kepada Suara Muhammadiyah, Senin (28/12).

Menurutnya anak-anak membutuhkan belajar di rumah sedangkan orang tua di rumah mungkin saja banyak kesibukan menjadikan anak-anak belajar mandiri yang kurang efektif. “Maka dari itu dengan kesadaran dan untuk memenuhi tugas kuliah dari ibu Nur Ngazizah, S.Si, MPd selaku dosen pengampu media pembelajaran IPA saya melakukan bimbingan belajar, yang bisa datang ke rumah langsung ataupun via google dan zoom,” tambah Nia.

Media pembelajaran yang saya buat sederhana dengan menggunakan media gambar yang dibuat sendiri, kardus yang tidak terpakai untuk membuat sebuah permainan sambil mengolah pikiran anak-anak supaya aktif berpikir. Menjelaskan apa yang belum dipahami anak-anak. Dengan adanya media pembelajaran yang sangat menyenangkan seperti ini akan membangkitkan kreatifitas belajar, semangat belajar, dan tidak bosan saat mempelajari materinya.

Anak-anak akan cepat memahami jika penjelasan materi dengan media pembelajaran yang sangat unik dan menyenangkan. Apalagi kegiatan mereka direkam di uploud ke media online seperti youtube, mereka akan senang menonton kembali video mereka belajar dan menceritakannya ke orang tua mereka masing-masing.

Motivasi belajar siswa pun ikut terdorong dengan media pembelajaran sederhana ini yang sangat unik dan menyenangkan. Ayo, jadi manusia yang bermanfaat untuk masyarakat, bagikan ilmu pengetahuan kita untuk mereka yang masih aktif dengan rasa ingin tahunya anak-anak di bangku sekolah dasar. (Riz)

Exit mobile version