Bagaimana Cara Membuka Logmart?

Bagaimana Cara Membuka Logmart?

Sejak diresmikan pada bulan November 2020, keberadaan Logmart sebagai bisnis jejaring antar jamaah, cukup menjadi perhatian. Pasalnya di tengah pandemi sekarang ini, usaha dalam bentuk minimarket menjadi usaha alternatif yang memungkinkan bisa berjalan lebih stabil.

Hanya saja sampai sekarang, masih banyak pertanyaan seputar apa itu Logmart? Bagaimana konsep kemitraan Logmart? Dan berapa biaya investasinya? Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, tulisan singkat ini ingin memberikan gambaran sederhana.

Logmart pada dasarnya bisnis retail kebutuhan harian sebagaimana kebanyakan minimarket pada umumnya. Hanya saja, Logmart tidak saja mengembangkan konsep minimarket, namun juga mengembangkan konsep ministore yang dikemas berbasis jamaah dan bersifat mandiri (independen).

Apa beda keduanya? Minimarket dalam konsep Logmart, selain harus memiliki area yang cukup luas (minimal 5 x 20 m), juga harus berada di pinggir jalan besar, yang memiliki akses kendaraan roda empat untuk parkir dan berpapasan. Selain itu, minimarket konsep usaha yang dimulai dari nol (artinya belum ada sebelumnya ), dengan 3 varian pilihan paket, mulai paket Pleno, Paket Tanwir, hingga paket Muktamar, dengan nilai investasi 100 juta – 150 juta.

Ministore Logmart

Sementara konsep lain yang dikembangkan adalah model ministore. Konsep ministore merupakan konsep pengembangan warung-warung tradisional yang sudah berjalan sebelumnya maupun pembukaan awal yang keberadaannya tidak harus di pinggir jalan besar.

Ukuran bangunan untuk ministore pun jauh lebih kecil dan sederhana dibandingkan minimarket. Sekurang-kurangnya memiliki luas area bangunan 4 x 5 meter. Keberadaannya diutamakan di dalam perumahan, perkampungan, perkantoran, lingkungan masjid, dan lingkungan sekolahan.

Nilai investasi konsep ministore dibagi dalam 3 paket. Mulai paket Golden, Silver dan Perunggu, dengan nilai investasi mulai 40 juta hingga 60 juta. Nilai paket tersebut, lebih diprioritaskan pada pembukaan ministore dari awal. Berbeda dengan ministore atau warung kecil yang sudah ada/berjalan sebelumnya. Kelebihan pembiayaan dari paket, akan dikonversi pada kebutuhan atau produk-produk lainya.

Lantas adakah sistem share profit dari pembukaan cabang Logmart dengan pusat? Berbeda dengan kebanyakan minimarket, Logmart tidak mengenal sistem share profit. Sebab pengelolaan dikelola secara mandiri dan independen oleh perseorangan, organisasi atau masyarakat berdasarkan panduan bisnis bersama Logmart. Sehingga semua aset, omset dan keuntungan adalah milik cabang Logmart itu sendiri.

Sebab semangat dan prinsip Logmart adalah pemberdayaan dan kemandirian. Maka dalam pembukaan Logmart, diutamakan pada mitra yang sumber biaya investasinya bukanlah monopoli perseorangan atau lembaga. Melainkan ada pembagian nilai saham antara kepemilikan perseorangan atau lembaga dengan masyarakat dan warga persyarikatan setempat, yang diwujudkan dalam lembaran saham.

Begitu pula halnya dengan produk-produk yang dijual melalui Logmart, dalam tahap awal, harus diprioritaskan produk-produk petani, UMKM, produk rumahan, produk home industri dan produk-produk warga dengan persentase 35%.

Apakah nilai investasi paket Logmart tersebut hanya syarat untuk terdaftar? Tidak. Nilai investasi tersebut diperuntukkan bagi keperluan Logmart, mulai dari interior rak, instalasi listrik (penerangan), neon box papan nama, ratusan item produk, sistem kasir dan penjualan, serta berbagai tambahan fasilitas lainnya. Artinya dengan nilai investasi di atas, mitra sudah dapat langsung berjualan.

Jika demikian, lantas bagaimana caranya untuk mendaftar atau membuka Logmart? Caranya mudah, silahkan mengirimkan permintaan pembukaan cab Logmart melalui email resmi Logmart atau via no WA Logmart (No WA 0821-3431-8616/ 0877-3138-1221/ 0822-6233-0400)

Email: logmartpusat@gmail.com).

Selamat berikhtiar dan selamat berjihad, semoga ada kebaikan dalam setiap langkah kita.  Bismillahirahmanirahim

Deni al Asyari, Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media/ Suara Muhammadiyah

Exit mobile version