Pentingnya Kemampuan Antar Budaya Bagi Guru

Sidang Terbuka Promosi Doktor Titi Rokhayati

Sidang Terbuka Promosi Doktor Titi Rokhayati

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Kamis, 25 Februari 2021 dilakukan Sidang Terbuka Promosi Doktor Titi Rokhayati secara Daring melalui Zoom meeting. Titi Rokhayati adalah mahasiswa program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dan juga sebagai Dosen di Prodi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Dalam sidang terbuka promosi doktor ini, sebagai Ketua Penguji adalah Prof. Dr. Margana,M.Hum.M.A. ,Sekretaris Penguji adalah Dr Widyastuti Purbani, M.A. selaku Promotor1  yaitu Prof. Suwarsih Madya,Ph.D, sebagai Promotor 2 yaitu Prof Sugirin ,Ph.D2, sebagai Penguji 2 Prof. Dr. Pratomo Widodo, M.Pd. dan Penguji 1 Prof. Dr. Sukarno,M.Si. Dalam sidang terbukanya ini Titi Rokhayati  mempertahankan Disertasi yang berjudul: Developing An Intercultural Model Of Teaching Speaking In Higher Education menyampaikan bahwa di era globalisasi ini semua orang mempunyai banyak kepentingan baik untuk be kerja sekolah political dan salad banyak bidang, mereka berinteraksi satu dengan lain.

Dalam interaksi pasti terjadi kesalahpahaman atau konflik.  Untuk mengatasi hal tersebut  dibutuhkan kemampuan antar budaya yaitu kemampuan seseorang dalam pengetahuan ketrampilan dan sikap dalam menghadapi perbedaan nilai dan budaya. Mereka harus total menghargai budaya sendiri dan mampu hidup bersama secara harmonis dengan orang dari latar belakang budaya yang berbeda.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh guru dalam menghadapi siswa yang berasal dari latar belakang budaya berbeda. Siswa juga perlu dibekali kemampuan antar budaya ini karena mereka diharapkan menjadi mahasiswa yang terdidik terampil dan penuh pengetahuan sehingga ke depan mampu menjadi warga negara yang baik.

Titi Rokhayati menawarkan model pembelajaran antar budaya yang terdiri dari 5 langkah yaitu : Mengamati/  noticing,Meniru /   imitating,Membandingkan/ comparing,Merefleksi /reflecting Berinteraksi/   interacting. Karena kita tinggal di banyak budaya yang berbeda maka kemampuan antar budaya sangat lah dibutuhkan artinya drngan kemampuan antar budaya ini kita tidak menghilangkan perbedaan tetapi justru seneng menghargai dan menghormati budaya yang berbeda bahkan hidup bersama mereka dengan harmonis.

Seperti dalam surat al hujurat ayat 13 yang artinya :Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Ujian promosi doktor berjalan dengan lancar dan penuh keharuan, karena proses Panjang yang dilalui akhirnya diselesaikan dengan predikat sangat memuaskan. Ketua Penguji menyampaikan bahwa ujian doktoral ini bukan sebuah akhir, tetapi justeru sebagai awal untuk perjuangan Panjang ke depan, semoga bisa mengambil peran untuk memberikan kebermanfaatan kepada banyak pihak dan terus mengembangkan diri.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor 1 UM Purworejo memberikan sambutan sebagai ungkapan terimakasih kepada UNY dan juga ucapan selamat kepada Titi Rokhayati, semoga setelah ini lahir karya karya ilmiah yang lebih banyak dan bermanfaat untuk perkembangan UM Purworejo. Berlomba lomba dalam kebaikan.

Nur Ngazizah,S.Si.M.Pd, Dosen PGSD UM Purworejo

Exit mobile version