Prodi Baru, BKPI Unismuh Diapresiasi

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Muhammad Jufri mengapresiasi berdirinya Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Menurut Prof Muhammad Jufri, bahwa pihaknya menilai bahwa dengan berdirinya prodi ini menjadi langkah maju dalam melahirkan guru bimbingan konseling dengan pendekatan keislamaan.

“Kami sangat mengapresasi, ini sebuah langkah maju dalam pengembangan kualitas pendidikan mendatang,” kata Prof Muhammad Jufri saat menjadi narasumber pada webinar nasional BKPI Fakultas Agama Islam Unismuh dengan Tajuk Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam untuk Pengembangan Karir di Era Kampus Merdeka, via zoom meeting, Sabtu (6/3/2021).

Mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini menambahkan bahwa dengan kondisi sekolah saat ini menuai berbagi tantangan baru, sehingga sangat dibutuhkan peran strategis dan aktif guru BK di sekolah dalam menghadapi masalah dan tantangan tersebut.

“Kita berharap dengan hadirnya prodi ini tentu akan menjadi sebuah wadah tempat menghasilkan para sarjana konseling untuk mengisi kekurangan guru BK di Sulsel,” harapnya.

Dengan demikian, Ia pula berharap peran seluruh civitas akademika fakultas agama Islam dalam mengawal prodi BKPI ini ke arah lebih maju.

“Bisa membantu mengatasi kekurangan guru yang ada di sekolah, selamat dan sukses bagi fakultas agama Islam,” tuturnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar, Drs. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I mengatakan bahwa saat ini FAI Unismuh membina 6 prodi mulai dari Prodi PAI, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Ahwal Syaksiyah, KPI hingga Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

“Alhamdulilah rata-rata prodi telah mengantongi akreditasi A, ini tentu berkat kerjasama semua elemen,” tuturnya.

Hadirnya Prodi BKPI, menurut Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel berharap bisa menjadi solusi terhadap keluhan dan tantangan pendidikan kita saat ini apalagi ditengah pandemi covid-19.

“Prodi ini berdiri tahun 2020 masih terbilang sangat baru, dan insyallah dengan tekad yang kuat, kita opitmisi jadikan prodi ini menjadi prodi unggulan dan senantiasa hadir untuk ummat mendatang,” tuturnya.

Dalam Webinar Nasional ini hadir pula menjadi narasumber Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Dosen Psikologi UAD Yogyakarta Prof Khoiruddin Bashori, Dosen KPI Unismuh Dr. Meisel B Wulur, Kaprodi BK Program Pascasarjana UNM Dr. Farida Aryani dan dipandu Dosen BKPI Unsimuh Rukiana Novianti M.Psi.

Hadir pula dalam pembukaan webinar nasional Wakil Dekan 1 FAI Unismuh Dr. Amirah Mawardi, Wakil Dekan II FAI Unismuh Abd. Somad, Wakil Dekan IV Ahmad Nasir, Kaprodi BKPI Alamsyah, S.Pd.I, MH, Ketua IKA FAI Unsimuh Dahlan Sulaiman, Dosen FAI Unismuh Makassar hingga para peserta dari berbagi provinsi se Indonesia. (Ulil Amri)

Exit mobile version