Teliti Integrasi Keilmuan, Dosen FAI Unismuh Raih Gelar Doktor di UIN Alauddin

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Makassar Sulaeman Masnan berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Dirasah Islamiyah Konstentrasi Pendidikan dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Promosi doktor Sulaeman Masnan dengan judul disertasi “Integrasi Keilmuan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar” ini dilakukan via zoom meeting, Senin (8/3/2021). Ia berhasil mengantongi IPK 4,0 dengan nilai sangat memuaskan.

Hadir sebagai penguji Prof Dr. H. Azhar Arsyad, Prof Mardan, Prof Mukhtar Lutfi, promotor Prof. Bahaking Rama, Dr. Ulfiani Rahman, Dr. Saprin Sagena dan Penguji Eksternal Dr. Munawir.

Wakil Dekan 1 FAI Unismuh Makassar Dr. Amirah Mawardi, S.Ag.,M.Si mengucapkan selamat atas capaian akademiknya yang tertinggi, pihaknya sangat bahagia dan senang.

“Pak sulaeman ini adalah aset Unismuh mendatang, beliau adalah salah seorang kader yang memiliki filosofi pemikiran yang konprehensif,” ungkap Dr. Amirah Mawardi, S.Ag.,M.Si saat dihubungi usai ujian promosi doktor.

Tak hanya itu, Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulsel ini melihat bahwa perjalanan karier akademik pak Sulaeman Masnan ini diselesaikan mulai S1 di FAI Unismuh, lanjut S2 di UIN Alauddin dan S3 di UIN Alauddin Makassar ini salah satu bukti keseriusaan dalam meniti perjalanan dalam menuntut ilmu.

“Ditambah dengan keaktifan beliau di organisasi mulai IMM, Pemuda Muhammadiyah dan Muhammadiyah boleh dikata kekaderannya sudah paripurna, dan ini juga salah satu menopang keberhasilannya,” tambahnya.

Dengan demikian, Jebolan Doktor UIN Alauddin Makassar ini pula berharap bahwa dengan judul disertasi ini bukan hanya menjadi masukan FK Unismuh.

“Tapi ini juga manjadi masukan dan tugas untuk dosen FAI Unismuh, supaya dimana pun mengajar integrasi ilmu keagamaan dan ilmu umum itu menjadi hal yang penting, agar hasil dari integrasi dari semua disiplin ilmu itu bisa terwujud dengan maksimal,” harapnya.

Diketahui Dr. Sulaeman Masnan juga tercatat aktif saat ini menjadi Wakil Dekan IV di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar dan Juga Wakil Sekretaris Majelis Tabligh PWM Sulsel. (Ulil Amri)

Exit mobile version