Innalillahi, Wirsan Hasan Sekum Pertama IPM dan Cucu KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Innaalillahi wa innaailaihi raaji’uun, telah berpulang ke Rahmatullah Wirsan Hasan, sesepuh Muhammadiyah yang juga pendiri Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Wirsan Hasan meninggal dunia pada Sabtu (20/3) pukul 21.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam usia 78 tahun.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, almarhum memiliki jasa yang besar dalam sejarah berdirinya Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Wirsan Hasan merupakan Sekretaris Umum pertama IPM sekaligus salah satu cucu KH Ahmad Dahlan.

“Di periode pertama IPM, almarhum menjabat sebagai Sekretaris Umum dengan ketua Helmi Farid Ma’ruf. Sedangkan di periode kedua almarhum menggantikan Helmi menjadi Ketua Umum. Dengan sejarah yang panjang dan perjuangan almarhum IPM bisa tetap hadir hingga sampai saat ini,” tutur Haedar.

“Semoga almarhum khusnuh khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dan diterima di sisi Allah SWT. Serta, keluarga yang ditinggal diberi kesabaran, ketabahan, dan keikhlasan,” tandas Haedar.

Jenazah dimakamkan pada Ahad, 21 Maret 2021 bakda Dzuhur di pemakaman Karangkajen, Yogyakarta. Semoga Allaahuyarham husnul khatimah. (Riz)

Exit mobile version