MIM Kenteng Konsisten Lolos sejak Program Galang Madrasah Pertama

Galang Madrasah

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Sinergi dalam dunia pendidikan menjadi salah satu upaya yang dapat meningkatkan kualitas madrasah. MI Muhammadiyah Kenteng merupakan salah satu madrasah dari Kulon Progo yang lolos dan masuk dalam madrasah dampingan Laziz UNISIA di program Galang Madrasah.

Salah satu bentuk program Laziz UNISIA yaitu menerbitkan sebuah karya yang berjudul “Ranting Yang Enggan Patah” Suara Sunyi Pejuang Pendidikan, sebuah Best Practices Merintis MI Unggul Melalui Program Galang Madrasah Laziz UNISIA. Buku ini kemudian di launchingkan pada Rabu (24/03/2021) di Pendopo Sasana Wiratama, Museum Diponegoro Tegalrejo Yogyakarta.

Rujito, S.Pd.I, M.Pd selaku Kepala Madrasah merasa bangga bisa menjadi bagian dari madrasah dampingan Laziz UNISIA. “Alhamdulillah dengan adanya program galang madrasah ini kami dapat lebih bersemangat dan bisa membawa perubahan lebih baik bagi madrasah, pendampingan pengembangan kompetensi guru juga meningkatkan kinerja para pendidik untuk lebih inovatif dan kreatif,” jelasnya.

“MI Muhammadiyah Kenteng merupakan salah satu madrasah yang lolos program Galang Madrasah Pertama tahun 2013 bersama dengan MI Al Muhsin 2, MI YAPPI Doga. MIM Kenteng mendapatkan prestasi sebagai juara 1 program galang madrasah sebagai madrasah terbaik. Bapak Bupati Kulon Progo Dr Hasto Wardoyo juga ikut mengapresiasi. Hasil dampingan lAZIZ UNISA juga berdampak pada public relation manajemen MIM Kenteng sehingga dapat membangun kerjasama dengan pemerintah, desa, kecamatan dan kabupaten serta dapat jejaring relasi muhammadiyah di tingkat ranting, cabang dan daerah. MIM Kenteng juga fokus pada pembinaan siswa yang  berkarakter, berprestasi, berbudaya” Tambah beliau.

Launching diawali dengan orasi buku oleh Ketua Laziz UNISIA Dr Muzhoffar Akhwan, M.A “ Dengan adanya launching buku ini semoga bisa menjadi karya yang akan terus menginspirasi para pejuang madrasah di seluruh tanah air” Ungkap beliau.

Penyerahan buku dilakukan oleh Direktur ELSAP kepada Ketua Laziz UNISIA dan 9 penulis buku salah satunya yaitu Ibu Siti Martijah, S.Pd.I dari MIM Kenteng yang diwakili oleh Kepala Madrasah, MI Maarif Garongan, MI Al Muhsin II, MI Yappi Doga, dilanjutkan launching program dengan membentangkan spanduk program yang diwakili oleh MI YAPPI Baleharjo.

Siti Martijah menjelaskan bahwa “Salam sapa 6 mentor juga menjadi bagian dari acara, diantaranya  oleh Dr Muthiulloh, M.Hum (MI YAPPI Baleharjo Gunung Kidul), Fathurohman, M.Pd (MI Mih Al-Muttqien Sleman), Asrofi Tiktana, S.Pd (MI YAPPI Kalongan Gunungkidul), Faisal Isnan, M.Pd (MI Muh Selo Kulon Progo), Nur Aeni Ariayanti, Ph.D (MI Muh Lemahdadi Bantul), Agus Yuliyanto, M.Pd (MI Muh Iragan Bantul)” Ungkapnya.

“Kagiatan diakhiri dengan pengarahan mentor masing-masing kelompok, pengambilan insentif secara bergilor untuk madrasah dan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi, semoga dengan program dan launching buku ini menjadi sebuah karya yang akan menginspirasi madrasah dalam mendidik anak bangsa,” pungkasnya. (koko)

Exit mobile version