49 Siswa SMA Muhi Lolos SNMPTN, Peringkat Tertinggi Sekolah Swasta di DIY

sma muhi

Foto Dok SMAM 1 Yogyakarta/SM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan. Jumlah siswa Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) yang dinyatakan lulus seleksi adalah 49 siswa dan menempatkan SMA ini menjadi SMA / MA swasta dengan prosentase kelulusan SNMPTN tertinggi di DIY sebesar 34,03%.

Drs. H Herynugroho, M.Pd., selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyampaikan rasa syukur tentang hasil SNMPTN 2021. “Sujud syukur dan bahagia. Hal tersebut adalah bentuk prestasi guru dan tenaga kependidikan (GTK) SMA Muhi dan anak-anak,” tuturnya.

Menurutnya keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak. “Alhamdulillah tahun 2021 ini terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini menjadi suatu tantangan ke depan, khususnya bagi bapak ibu GTK, orang tua, dan anak-anak,” ungkap Herynugroho.

Kurikulum SMA Muhi memberikan ucapan selamat kepada siswa yang lolos SNMPTN 2021. Marsuni, S.Pd., selaku wakaur bidang kurikulum menyampaikan bahwa keberhasilan tercapaianya tahapan tersebut harus disyukuri secara arif.

“Jangan sombong, serta jangan lengah. Justru kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tuturnya.

Kurikulum SMA Muhi pada awal tahun pelajaran sebelumnya telah berkoordinasi dengan Bimbingan Konseling (BK) SMA Muhi tetang pemetaan siswa. “Ya, dengan pemetaan siswa. Kita dapat memetakan nilai, jurusan yang akan dipilih, serta perguruan tingginya. Sehingga ada bimbingan dan pembinaan untuk membantu siswa dalam memilih jurusan serta universitas. Selanjutnya bagi siswa yang telah diterima harus menjalani tahap selanjutnya hingga selesai karena telah diberikan kesempatan tersebut. Bagi siswa yang belum lolos SNMPTN jangan berputus asa, masih ada SBMPTN. Persiapkan diri anda, karena kompetisinya lebih ketattambang Marsuni..

Senada dengan apa yang disampaikan tim kurikulum, BK SMA Muhi menilai bahwa telah dilaksanakannya pengondisian yang diharapkan oleh kurikulum SMA Muhi. Terjadi peningkatan hasil SNMPTN dari tahun 2020 dimana tahun ini berhasil meluluskan 34,03% dari 144 siswa yang mendaftar SNMPTN. Angka 34,03% ini menempatkan SMA Muhi Yogyakarta menjadi yang tertinggi tingkat kelulusannya untuk SMA / MA swasta se-DIY.

”Alhamdulillah, kita amat sangat bersyukur kepada Allah SWT atas karunia besar untuk SMA Muhi. Betul-betul wajib kita syukuri. Kerja keras yang luar biasa hingga kita menjadi yang terbaik prosentasenya untuk level SMA/MA swasta di DIY. Untuk universitas favorit anak-anak masih di UGM yakni sebanyak 27 anak, disusul UPN 19 anak, IPB 2 anak dan UNY 1 anak” jelas Denny Sulistiyanta,S.Pd, selaku ketua BK SMA Muhi.

Diraharapkan dengan hasil yang maksimal ini menjadi pelecut semangat seluruh keluarga besar SMA Muhi Yogyakarta untuk terus menebar manfaat bagi umat dan meraih prestasi terbaik. (Yusron Ardi)

Exit mobile version