FKIP Unismuh dan Institut Parahikmah Perkuat Kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Meski baru dilantik sebagai Dekan FKIP Unismuh periode kedua, Erwin Akib langsung tancap gas dalam pengembangan jaringan untuk penguatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Erwin Akib bersama Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Makassar Ummi Khaerati Syam menandatangani nota kesepahaman kerjasama Tridharma perguruan tinggi dengan Tadris Bahasa Inggris Institut Parahikmah Indonesia (IPI).

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Mansyur dan Kaprodi Tadris Bahasa Inggris Aminah mewakili IPI dalam penandatanganan tersebut.

Kedua dekan milenial ini banyak mendiskusikan peta pendidikan tinggi khususnya di kawasan Indonesia timur.

Menurut Erwin Akib, perguruan tinggi di zona timur sepatutnya mengesampingkan ego bendera masing-masing. “Saatnya berkolaborasi untuk saling tumbuh bukan lagi menonjolkan kompetisi, apalagi dibumbui oleh hal yang tidak sehat dan jauh dari saling memajukan,” kata Alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia ini.

Erwin menambahkan, saatnya kawasan timur Indonesia menjadi episentrum pendidikan,bukan lagi menjadi pilihan kesekian untuk studi jika semuanya saling mendorong.

“Tiap perguruan tinggi memiliki penciri, karakter, hingga model sendiri. Biarlah masyarakat yang memilih dari pilihan-pilihan yang berkualitas,” kata Erwin.

Kerjasama pertama yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh Makassar bersama Prodi Tadris Bahasa Inggris IPI menyepakati kegiatan dan kolaborasi akademik dalam hal pengajaran, pengabdian, penelitian, dan publikasi ilmiah. Ke depan, kerjasama ini akan melibatkan Dosen dan mahasiswa dari kedua belah pihak.

Ummi Khaerati Syam selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh menyampaikan rencana implementasi kerjasama tersebut secara terperinci, terukur dan tentunya akan bermanfaat serta menguntungkan kedua belah pihak.

“Alhamdulillah dalam beberapa bulan terakhir ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa kampus-kampus ternama baik dari pulau Jawa maupun dari kawasan timur sendiri. Saat ini, implementasi kerjasama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah berjalan dengan kampus UKI Toraja hingga satu semester kedepan,” jelas Ummi, kandidat Doktor Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Makassar.

Kaprodi Tadris Bahasa Inggris IPI Aminah  menyatakan terima kasih atas penerimaan dari Dekan FKIP Unismuh Makassar untuk berkolaborasi.

Menurutnya, ada banyak hal yang bisa segera dikerjakan bersama dalam waktu dekat ini.

“Sebagai program studi yang baru, pihaknya mengharapkan banyak dukungan dari prodi serupa yang telah lama berjalan dan memiliki banyak pengalaman, dimana terlihat dari luaran dan profil lulusannya selama ini,” tutup Aminah. (Hadi/Riz)

Exit mobile version