FKIP Unismuh kembali Berkolaborasi dengan Singapore Polytechnic

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Memasuki hari kedua setelah dilantik sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan (FKIP) Unismuh Makassar periode kedua, Erwin Akib kembali menerima tawaran kerjasama dari Singapore Polytechnic Internasional (SPI).  Kegiatan yang ditawarkan adalah “Virtual Exchange Program 2021”. Hal itu disampaikan Erwin, di Makassar, Jumat (2/4/2021).

Kegiatan ini, kata Erwin, merupakan sebuah kegiatan pertukaran pelajar secara virtual bersama mahasiswa dari perwakilan negara ASEAN, seperti Cambodia, Philipina, Vietnam, Singapura dan Indonesia. Sebanyak 100 peserta dari Singapore Polytechnic dan 70 perwakilan peserta dari negara ASEAN. Kegiatan ini akan dilakasanakan pada pekan ketiga bulan Mei dan bekakhir pada akhir bulan Juni 2021 selama lima pekan.

“Kami menawarkan kegiatan ‘Virtual Exchange Program 2021’ ke FKIP Unismuh Makassar. Pertimbangannya, karena program kemitraan sebelumnya, Learning Express, yang telah berjalan tiga tahun terakhir berjalan cukup baik,” kata Weijun, Manajer Program SPI.

Menindaklanjuti penawaran itu, Wildhan Burhanuddin dari Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional (UKPI) FKIP Unismuh mengatakan bahwa pihaknya akan menyeleksi 7 orang perwakilan dari berbagai fakultas di Unismuh Makassar. Pendaftaran dibuka 5 – 14 April 2021.

Persyaratan bagi calon peserta, kata Wildan, yaitu mampu berbahasa inggris secara aktif, memiliki wawasan dan budaya tentang negara ASEAN, memiliki pengalaman berorganisasi, dan mampu berkontribusi aktif dalam setiap diskusi.

“Selain itu, akan ada proses seleksi berkas dan wawancara. Pengiriman nama peserta ke pihak Singapore Polytechnic tanggal 19 April 2021,” jelas  Wildhan.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib menyambut baik tawaran tersebut. “Alhamdulillah, dari berbagai mitra kampus yang dimiliki oleh pihak SPI, FKIP Unismuh menjadi mitra yang dipercayakan kembali untuk kegiatan Virtual Exchange Program,” katanya.

Situasi Pandemi COVID-19, sambung Erwin, tidak menjadi rintangan bagi FKIP Unismuh untuk terus mengembangkan jaringan Kerjasama. Sebulan lalu, FKIP Unismuh mengikuti program kerjasama dari Kanazawa Institute of Technology (KIT) Jepang, juga melalui kegiatan Virtual Exchange selama 3 pekan.

“Kegiatan dari KIT resebut ini juga diikuiti dari berbagai negara ASEAN. Alhamdullilah empat peserta dari Unismuh Makassar yang mengikuti program tersebut telah mendapatkan sertifikat Internasional dari KIT,” tutupnya. (Hadi/Riz)

Exit mobile version