Mahasiswa UAD Ikuti Pelatihan Penggunaan Google Form dalam Pembelajaran Matematika

Mahasiswa UAD Ikuti Pelatihan Penggunaan Google Form dalam Pembelajaran Matematika

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Masa pandemi sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran di sekolah yang awalnya bersifat konvensional kini berubah menjadi pembelajaran secara daring (online). Guru dan mahasiswa perlu menyesuaikan diri untuk menghadapi perubahan sistem pembelajaran.

Dalam melakukan proses pembelajaran berbasis online tentunya guru tidak mudah dalam menyampaikan pembelajaran. Guru dituntut untuk memberikan pembelajaran jarak jauh yang tetap efektif dan tidak melanggar prinsip-prinsip pendidikan. Selain itu, guru juga harus mampu memberikan proses pembelajaran jarak jauh yang tetap terencana, mudah terealisasi dan mudah mengukur ketercapaiannya.

Berdasarkan masalah tersebut, mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan tertarik untuk membuat Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) dengan mengusung tema “Webinar Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Pembelajaran Matematika”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Google Meet, dengan peserta dari mahasiswa dan guru. Pelaksanaan kegiatan Webinar dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan pembimbing Prodamat sekaligus perwakilan dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan yang disampaiakan oleh Anggit Prabowo, M.Pd.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 10 April 2021. Narasumber dari kegiatan ini merupakan mahasiswa dari Magister Pendidik Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Fina wulandari selaku narasumber pertama menyampaikan pengertian dari Google Form dan dilanjutkan oleh Trisna Heni Setiantanti dengan materi membuat soal pilihan ganda, membuat soal uraian, dan membuat soal berbentuk equation dengan Ad Onns. Materi ketiga tentang membuat soal bergambar dan membuat soal pilihan kotak centang dibawakan oleh Reza Lestrari. Materi terakhir tentang cara mengamankan tes di Google form menggunakan Ad Onnus Auto Proctor disampaikan oleh Agus Purnama.

Pelatihan ini memiliki banyak manfaat dimana guru dan mahasiswa lebih memahami cara penggunaan dari Google Form dan terbantu dalam penilain hasil kerja siswa secara jarak jauh. Google Form ini juga membantu guru dalam mengoptimalkan pembelajaran matematika. Serta membantu guru untuk memberikan variasi dalam melakukan metode pembelajaran matematika, sehingga pembelajaran matematika akan menjadi lebih bermakna.

Exit mobile version