Pelantikan Apoteker UMP Angkatan ke-32

Apoteker

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Famasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah kembali menggelar acara sumpah profesi yang ke-32 kepada 122 Mahasiswa. Acara di lakukan secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga disiarkan secara daring.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. Jebul Suroso, S.Kp, M.Kep dalam sambutannya menyampaikan bahwa kriteria lulusan apoteker dari UMP haruslah BAIK

“Apoteker yang BAIK dengan beberapa kriteria yaitu, Berpegang teguh pada sumpah Apoteker. Karena ketika  para mahasiswa sedang bersumpah dalam keadaan tersebut kita di hadiri ole banyak orang, di catat oleh malaikat dan disaksikan oleh Allah SWT, Akhlak mulia terutama apoteker lulusan UMP dimana para tenaga penggajar selain memberi materi kuliah juga memberikan materi tentang al-Islam,” ungkap Dr Jebul Suroso di Gedung Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Sabtu 13 Maret 2021.

Hal tersebut merupakan pembeda bawasnnya apoteker UMP adalah apoteker yang unggul, Inovatif. Bukan hanya mengenal hal-hal baru saja tetapi dapat menciptakan sesuatu yang baru bagi seluruh masyarakat.

Di lain sambutan yang di sampaikan oleh apt. Didik Setiawan, Ph.D menyampaikan bahwa berdasarkan hukum yang berlaku seorang apoteker memiliki peran penting dalam mensukseskan program Vaksinasi Covid-19.

Dengan adanya profesi Apoteker ini pasti banyak memberikan peran dalam masyarakat salah satunya adalah pada masa Pandemi Covid-19. Seperti yang tercantum dalam Uu no 26 tahu 2014 pasal 11 ayat 6 jenis tenaga Kesehatan yang termasuk dalam tenaga kefarmasian sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf e terdiri atas apoteker dan tenaga teknis kefarmasian.

Oleh karenanya apoteker sebgai tenaga Kesehatan memiliki peran penting dalam mensukseskan program Vaksinasi Covid-19. Sehingga pada saat ini banyak  menerima konsultasi dari banyak pasien,”

Dirinya juga menghimbau kepada apoteker baru untuk selalu memberikan edukasi kepada pasien terkait fakta dasar gejala Covid-19 berikut juga dengan pencegahannya. (Inz/Coc)

Exit mobile version