Pelatihan Sitasi Mendeley LP3M STKIP Muhammadiyah Muara Bungo

Mendeley

JAMBI, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka untuk pengembangan kamampuan Kepenulisan Civitas STKIP Muhammadiyah Muara Bungo terutama Dosen mengenai SITASI, Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) STKIP MB mengadakan kegiatan berbentuk Pelatihan yaitu Pelatihan Mendeley kepada dosen-dosen di bawah lingkup Program Studi PGSD, PJKR, PBI dan PTI pada hari Jum’at 26 Maret 2021 di Kampus STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.

SITASI merupakan cara seseorang untuk  memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari tulisan seseorang berasal dari sumber lain. Selain tu juga, ini merupakan bukti etikad penulis dalam menegakkan sikap jujur dalam berkarya (menulis) yang mana akhir-akhir ini sangat marak kasus-kasus plagiarisme karya.

Seperti yang disampaikan oleh Zulqoidi R. Habibie, M.Pd sekaligus menjadi narasumber pada pelatihan mendeley ini, bahwa melakukan sitasi terhadap sumber referensi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam publikasi ilmiah. Membaca, mengumpulkan referensi, serta memasukannya ke dalam naskah bukanlah yang mudah untuk dilakukan dalam waktu yang singkat. Hadirnya perangkat lunak mempermudah kerja penulis dalam melakukan manajemen penulisan. Tidak hanya waktu yang terpangkas namun aktifitas seperti pencarian dapat dengan mudah dilakukan dan dengan Mendeley Penulis sangat terbantu dalam hal mengelola referensi (Ujar Zulqoidi R. Habibie, M.Pd)

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mempermudah dalam manajemen referensi. Sebut saja fitur-fitur seperti membuat Bibliografi dan Kutipan secara otomatis, ada juga fitur pengaturan Gaya Sitasi (APA, MLA, HARVARD, dll), semuanya bisa kita peroleh dari Mendeley.

Mendeley dapat diakses melalui Mendeley Desktop atau Mendeley Web secara gratis. Kita dapat juga menghubungkan Mendeley desktop dan Mendeley Web melalui akun yang terdaftar dengan menggunakan fitur Sync yang berfungsi untuk mensinkronkan data kerja kita pada Mendeley Desktop ke Mendeley Web dan sebaliknya.

Aplikasi Mendeley  dapat berkolaborasi dengan Microsoft Office (Word) dalam penyusunan SITASI untuk daftar pustaka sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi karya tulis ilmiah, karena dalam satu kali klik maka seluruh referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan penulis. Menariknya dari aplikasi ini, jika mengakses versi website maka antar pengguna Mendeley bisa melakukan sharing mengenai referensi karya ilmiah yang sesuai dengan ranah keilmuan.

Selain itu juga, Mendeley memiliki jutaan artikel yang tersimpan, ini bukti bahwa Mendeley memang memberi kemudahan kepada penulis tidak hanya manajemen referensi tapi juga mempermudah penulis untuk mencari referensi. Hal ini sesuai dengan slogan yang tertulis pada web-nya (www.mendeley.com) “Mendeley brings your research to life, so you can make an impact on tomorrow”.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu dalam menggalakan anti plagiarisme dapat memberikan manfaat serta menjadi bekal ilmu bagi dosen-dosen dilingkungan STKIP MB yang nanti akan diimplementasikan kepada mahasiswa STKIP MB khususnya dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka karya ilmiah. (Ris)

Exit mobile version