‘Aisyiyah Banyumas Giat Membina Mualaf di Desa-Desa

mualaf

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Pada tanggal 1 April-17 April 2021 dilaksanakan kegiatan Bina Mualaf di Desa Suro Kalibagor Banyumas. Acara diprakarsai oleh ‘Aisyiyah Muallaf Center MT PDA Banyumas dengan teman teman volunter dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto  dan satu  mahasiswa STIBA ar-Rayah Sukabumi.

Dlm pelaksanaannya AMC MT PDA Banyumas berkordinasi dengan PRM Suro Sarkam yang menjadi penggerak utama. AMC MT PDA Banyumas memilih Kalibagor sebagai target pembinaan melihat kondisi beberapa desa di sana yang menjadi pusat kristenisasi.

Para mualaf di desa tersebut mayoritas dari ekonomi bawah. Mereka belum menerima pembinaan keislaman yang bersifat rutin karena pembinaan yang demikian lebih sering digelar di kota Purwokerto.

Jumlah mualaf yang menerima bingkisan 35 orang. Mualaf yang rutin mengikuti pelatihan membaca al-Quran dengan metode IQRO 8 orang.

Sambutan oleh Ketua Aisyiyah Muallaf Center Banyumas, Istianah Lc., M.Hum semoga dengan diawali belajar membaca al-Quran melalui IQRO ini akan menumbuhkan rasa ingin terus mempelajarinya sampai lancar. “Tak perlu malu untuk belajar, karena sejatinya kami yang melihat para mualaf semangat belajar & mengaji justru salut dan terharu. Terlebih Allah gandakan pahala orang yang belajar membaca al-Quran meskipun dengan terbata-bata,” ungkapnya.

Ke depan pembinaan mualaf di Desa Suro akan diupayakan menjadi kegiatan rutin minimal 1 kali dalam sebulan AMC Banyumas akan hadir langsung sebagaimana harapan Ketua PRM Suro.

Setelah rampungnya kegiatan ini mereka berharap akan ada kegiatan pembinaan lanjutan. Hal tersebut menunjukkan antusiasme para mualaf untuk lebih mempelajari Islam.

Kegiatan Bina Muallaf berupa Pembukaan kegiatan + pemberian sembako, buku IQRA-Tajwid, dan al-Quran pd  1 April 2021, Pelatihan Membaca al-Quran selama 6 hari berturut-turut, tgl 5-10 April 2021, serta Taushiyah tentang “Keutamaan al-Quran” + pemberian sembako kepada seluruh mualaf Desa Suro dan pemberian bingkisan kepada 3 mualaf baru, pada 17 April 2021.

Berikutnya AMC MT PDA Banyumas akan melanjutkan binaan pada 2 pekan terakhir Ramadan dengan target para mualaf Sumbang Banyumas dan dhuafa Arcawinangun, Purwokerto. (Nur Ngazizah)

Exit mobile version