Pengabdian UMY: Pengetahun Bisnis Digital Dibutuhkan UMKM

Pengabdian UMY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sebagai bentuk nyata kepedulian kampus di masa pandemi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Pendampingan Bisnis Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan penyuluhan tentang seluk beluk bisnis online di sesi 1 dan demo pembuatan sabun cuci piring di sesi 2 di kampus terpadu UMY, Kamis (22/4/2021).

“Peserta kegiatan adalah UMKM Dusun Janganan, Panggungharjo Sewon Bantul yang merupakan UMKM yang ibu-ibu kelompok sedekah sampah sido piknik. Tujuan kegiatan ini adalah membantu UMKM untuk berkembang, sehingga menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi mendorong pada penjualan menggunakan e-commrece,” jelas Dr. Ika Nurul Qamari, sekretaris program studi Ilmu Doktor Manajemen UMY.

Pemateri adalah Beni Agus Sulistyo, SKM, MM dari Prodi Doktor Manajemen UMY yang juga founder dan CEO Inaro Medical, Pte.Ltd. Sedangkan demo pembuatan sabun cuci piring dipraktikkan oleh Ibu Dra. Fathonah Umihani. Ika menambahkan bahwa kegiatan pengabdian ini dilaksanakan setiap tahun sebagai kepedulian kampus terhadap kegiatan masyarakat di lingkungan UMY.

“Program pengabdian ini merupakan perwujudan dari catur darma UMY di masa pandemi. Ika menyatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 saat ini, UMKM butuh untuk pengetahuan bisnis digital dalam marketing produk sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. “Selama pelatihan tetap selalu menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya. (Riz)

Exit mobile version