Eko Handoyo, Dekan Termuda Umla di AST-PTM

Eko Handoyo

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Badannya tinggi besar. Jalannya tegap. Suaranya besar. Itulah sosok Eko Handoyo, SKom, MKom Dekan FSTP (Fakultas Sains dan Teknologi dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA).

Eko Handoyo lahir di desa Sekarbagus, Sugio Lamongan pada tanggal 17 Februari 1991. Ia putra tunggal pasangan Kasnawi dan Martiah. Kedua orangtuanya merupakan petani kaya di desanya.

Ia memulai studi pertama di SD Negeri Sekarbagus Sugio dan sore harinya mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) Muhammadiyah Ranting Gampang. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Sugio. Saat di SMP inilah ia mulai bergabung dan aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Setamat dari SMA Negeri Sukodadi, Eko Handoyo melanjutkan ke Univeritas Trunojoyo Madura (UTM) Fakultas Teknik Informatika. Ia mulai aktif di IMM dan di komisariat al Khawarizi sebagai sekretaris bidang Hikmah. Selain di IMM saya juga aktif di HIMATIF (himpunan Mahasiwa Teknik Inforamtika). Setelah itu akrif di BEM FT UTM dan menjabat sebagai Sekretaris Jendral periode 2012. Selain itu karir organisasinya akif di UKM Tofatek dan LPM sains.

Ketika di UTM ia banyak dimotifasi oleh Prof Dr Rachmad Hidayat, MT, IPU, AER. Yang merupakan Dekan Fakultas Teknik UTM. Beliau selalu memotifasi saya untuk menjadi dosen. Sehingga ia memilih untuk melajutkan karir kerja sebagi staf di Fakultas Teknik UTM. Setelah 1,5 tahun di UTM ia memilih melajutkan karir di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) sebagai staf kemahasiswaan.

Aktif di Organisasi

Ketika di UMG Eko Handoyo bertemu dengan Darmawan Aditama, MT. Ia dimotifasi untuk melanjutkan S2. Selajutnya ia memilih studi di S2- Magister Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Eko Handoyo mendapatkan beasiswa kader Persyarikatan Muhammadiyah oleh UAD atas rekomendasi PDM Lamongan dan PWM Jawa Timur

Eko Suhandoyo dapat menyelasaikan studi dengan Cumlaude dengan masa studi 3 semester. Lulus dari UAD ia mengabdi di Universitas Muhammadiyah Lamongan pada tahun 2019.

Ia mulai mengenal organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah saat di SMP. Saat kuliyah aktif di OMM. Saat ini ia diberikan amanah untuk bergabung di Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Lamongan. Jabatannya sebagai anggota bidang hukum dan advokasi. Ia juga aktif di Pimpinan Cabang Pemuda Muhamadiyah (PCPM) Sugio sebagi Seketaris Bidang Informasi dan Komunikasi.

Menjadi Dekan Termuda

Eko Handoyo bergabung di UMLA di prodi baru yaitu Teknik Komputer. Ia memulai sebagai Kepala Prodi Teknik Komputer UMLA pada bulan September 2019. Eko diberikan kesempatan untuk aktif di APSI-PTMA (Asosiasi Program Studi Informatika – Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah). Ia menjabat sebagai anggota Bidang Kurikulum APSI-PTMA.

Dari APSI-PTMA ia banyak belajar tentang penggelolahan program studi dan kurikulum. Setelah itu ia diberikan amanah sebagai plt Dekan Fakultas Sains Teknologi dan Pendidiakan pada bulan Sepetember 2020. Memimpin Faklutas Sains Teknologi dan Pendidikan selama 6 bulan, selanjutnya ia dipercaya oleh Rektor UMLA untuk memimpin di FSTP sebagai Dekan Detenitif pada bulan Maret 2021

Sejak bergabung dalam Asosiasi Dekan Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhamadiyah (AST-PTM) ia didaulat sebagi dekan termuda di forum tesebut. “Semoga saya bisa amanah dan mampu menjadi pemimpin yang baik. Dapat membawa Fakultas Sains Teknolgi dan Pendidikan UMLA”, jelas Eko Handoyo yang masih lajang ini.

Pada refleksi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei ini, ia saya sangat bersyukur karena pendidikan di Indonesia semakin melek teknologi dengan adanya pandemi. Pendidikan di Indonesia di paksakan mengimplementasikan teknologi untuk meningkatkan kualitas. (Fathurrahim Syuhadi/ Sulistyowati)

Exit mobile version