Safari Dakwah Ramadhan Milenial ke Kabupaten Karo

MEDAN, Suara Muhammadiyah – SMA Muhammadiyah 2, Tanjung Sari Medan, memberikan perhatian pada persoalan dakwah milenial. Sekolah Muhammadiyah yang kini menjadi saahsatu sekolah idola di Kota Medan itu melakukan safari dakwah Ramadhan ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, selama tiga hari 28-30 April.

Guru SMA Muhammadiyah 2 Medan, Junaidi SPd kepada Suara Muhammadiyah mengabarkan program safari dakwah Ramadhan tahun ini menjadi safari Ramadhan yang ke lima dilakukan sekolah itu. “Kami berharap dengan gerakan ini dapat membawa kebaikan baik kepada anak didik maupun kepada masyarakat yang dikunjungi,” kata Junaidi, ustadz muda yang juga alumni IPM itu.

Kata Ustadz Junaidi, SMA Muhammadiyah 2 Medan memiliki misi menyiapkan pelajar yang siap untuk menjadi pelopor, pelangsung, penyempurna dalam masyarakat. Oleh karena itu SMA Muhammadiyah 2 Medan bersama PR IPM SMAMDA membentuk Tim Safari Dakwah Ramadhan sebagai salah satu wujud pengabdian langsung  ke masyarakat terutama generasi muda di Tanah Karo.

Safari Dakwah Ramadhan ini merupakan aktualisasi dari pelatihan dai pelajar Muhammadiyah yang sudah dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Medan. Ramadhan 1442 tahun ini tim Safari Dakwah SMA Muhammadiyah 2 angkatan V  turun langsung ke kawasan Jalan Mesjid Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara pada tanggal 28-30 April 2021.

Yang menarik, materi safari Dakwah Ramadhan SMAM-02 Tanjung Sari itu adalah materi / silabus yang disampaikan sangat variatif, seperti ada materi matematika dasar, bahasa Inggris dasar, bahasa Arab dasar, Belajar Iqro’dan Al-Quran, belajar Adzan, belajar Wudhu’dan Salat sampai latihan dasar beladiri / pencaksilat.

Silabus dakwah tim juga mengajarka bagaimana menjadi seorang master of ceremony (MC) sebuah acara, pembacaan Al-Quran, terjemahan sampai bagaimana menyampaikan kultum atau kuliah tujuh menitan.

Lokasi yang menjadi kunjungan dakwah safari Ramadhan tahun inii adalah Kecamatan Kabanjahe, Desa Beganding, Desa Tiga Pancur dan Desa Nang Belawan.

Adapun pesertat Tim Safari Dakwah SMA Muhammadiyah 2 Medan angkatan V terdiri dari: Haris Fadhillah Akbar (X-MIA 1), Rona Adha Hudaya B (XI-MIA Plus), Ajeng Laraswati (X- MIA 1) , M.Afwan (X-MIA 2), Tasya Widya Asti (X-MIA 2), Sigit Bahu Wirya (XI-IIS 1), Sigit Bahu Raksa (XI-IIS 1), Hikmatyer Amri Siregar (XI-MIA Plus), Muflih Juanda (X-IIS 1), Abdurrahman Hafis (XI-MIA 1), Talitha Zhafira (XI-MIA 1), Miftahul Nasywa Hasibuan (XI-IIS 1), M.Farhan Dzaky Ginting (, Feni Anggraini (XII-MIA 1), Andika Wafi Rizaldi (XI-MIA 1).

Tim Safari Dakwah ini didampingi oleh Aidil Saputra, Mhd.Irsan, Fatrul Rahman Hutasuhut, Mustofa Al Kaelani Lubis yang berasal dari KODAMDA (Komunitas Dai Muda SMA Muhammadiyah 2 Medan) yang sudah berpengalaman di safari dakwah angkatan I sampai angkatan IV.

Menyukseskan program safari dakwah Ramadhan tahun ini tim  tetap didampingi oleh guru-guru SMA Muhammadiyah 2 Medan, seperti Melly Susilawati,ST, Muhammad Junaidi,S.Pd, M.Mansyur,S.Ag, Juliani,S.Pd.I,  Nur Fadhila Jannah,S.Pd, Yulnita,S.Sos.I,S.Pd.I, Rubiatik,S.Pd, Dian Puri Ramadhani dan langsung di tanggungjawabi oleh Kepala Sekolah SMAM-2  Taupik Pasaribu, S.Ag.

Ketua PD Muhammadiyah Karo Drs. Erwin Tanjung memberi apresiasi dan ujian kepada tim Safari Dakwah Ramadhan yang diterjunkan oleh SMA Muhammadiyah 02 Tanjung Sari. Kegiataan yang sangat baik dan memberi manfaat, kata Erwin Tanjung yang juga seorang pendidik itu. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version