Akhir Ramadhan, Jangan Habiskan di Mall

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Akhir Ramadhan, Jangan Habiskan di Mall. Hal ini disampaikan ustad Nasihun Amin, M Ag pada Kajian Safari Ramadhan dan buka bersama Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Sekaran Lamongan, Jumat (7/5/2021).

Nasihun Amin menyampaikan bahwa fenomena yang terjadi saat ini para pemuda pada akhir Ramadhan biasanya sering menghabiskan waktu di mall atu swalayan. Mereka menghabiskan waktunya untuk nongkrong dan berbelanja

“Padahal suasana pandemic covid 19 ini para pemuda seharusnya banyak tinggal di rumah”, jelas Ketua Ikatan Da’i Indonesia kabupaten Lamongan

Tambahnya, tetapi para aktifis Pemuda Muhammadiyah melakukan hal yang sangat berbeda. Di penghujung Ramadhan mereka berbondong bondong melaksanakan kajian keislaman dan ibadah dengan tekun sesuai perintah Allah Swt

Para Pemuda Muhammadiyah tak kenal lelah terus menerus melakukan amar makruf. Mengajak berfastabiqul khoirot baik untuk dirinya, lingkungan keluarga dan masyarakat tambahnya.

Lanjutnya, dalam suasana pandemic covid 19 para Pemuda Muhammadiyah banyak melakukan gerakan ta’awun. Tentun apa yang dilakukannya tetap dengan prokes covid 19.

Nasihun Amin mencontohlan keteguhan iman pemuda ashabul kafi. Ashabul Kahfi hidup pada masa pemerintahan seorang raja Romawi bernama Dikyanus. Dikyanus adalah pemuja berhala dan dikenal sebagai raja yang kejam dan sombong Dikyanus mengancam akan membunuh siapa saja yang tidak sejalan dengannya.

Lanjutnya Kisah ashabul kahfi menceritakan bahwa, pemuda-pemuda tersebut lari dari fitnah yang sudah merajalela di lingkungannya. Kemudian mereka bersembunyi dalam goa yang gelap nan lembab. Ketujuh pria tersebut berdoa kepada Rabb-nya agar diberikan perlindungan dari fitnah dan tidak kepercayaan kaumnya terhadap hari akhir.

Ia menyampaikan hikmah yang dapat ambil dari kisah Ashabul Kahfi adalah ketika mementingkan kepentingan agama dan keimanan lebih dari apapun. Maka niscaya Allah SWT akan memberikan perlindungan dan menyelamatkannya.

“Bila para aktifis Pemuda Muhammadiyah mencontoh keteguhan iman pemuda ashabul kafi InsyaAllah Negara ini akan baldatun thoyibatun warrobun ghofur”, pungkasnya

Hanif Azhar Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Sekaran menuturkan dalam sambutanya berharap agar Pemuda Muhammadiyah secabang untuk lebih semangat dalam berkarya memajukan peradaban warga Muhammadiyah.

“Pemuda Muhammadiyah harus bergiat diri dan berfastabiqul khoirot dalam membangun ekonomi dari dalam keluarganya. Karena dengan kuat dalam bidang ekonomi akan memperkokoh perjuangan”, jelas guru di SMP Negeri ini

Kajian Safari Ramadhan dan buka bersama Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Sekaran Lamongan bertempat di Ranting Kendal ini diakhiri dengan memberi santunan kepada 50 mustahiq, anak yatim dan dhuafa (Fathurrahim Syuhadi)

Exit mobile version