Semarak Pesantren Ramadhan SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Di Tengah merebaknya pandemi covid-19 dan hadirnya bulan suci Ramadhan tidak menghalangi SMP Unggulan Aisyiyah Bantul untuk melaksanakan Pesantren Ramadhan bagi guru dan karyawan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jum’at, 30 April 2021 di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul.

Tema yang diambil dari pesantren Ramadhan guru dan karyawan kali ini yakni “Sucikan jiwa, Raih Bahagia di Bulan Puasa”. Peserta pesantren Ramadhan, meliputi Kepala sekolah, Guru, Karyawan, serta para pengajar dan pengasuh Boarding School.

Kegiatan ini juga mengundang pengawas SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, BPH, Pimpinan Daerah Aisyiyah dan Majelis Dikdasmen PDA Kabupaten Bantul. Tujuan dari diadakannya pesantren Ramadhan guru dan karyawan ini merupakan wujud komitmen terhadap organisasi sehingga terus mencari pemahaman tentang perkembangan Muhammadiyah.

Tujuan selanjutnya dalam rangka untuk bersilaturahmi dan bersilaturfikir bersama-sama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Rangkaian acara yang dilaksanakan pada kegiatan pesantren Ramadhan antara lain Materi tentang fiqih puasa dan zakat menurut Muhammadiyah, materi ini di sampaikan oleh H. Ali Yusuf,S.Th.I, M.Hum, materi  Kemuhammadiyahan dan ke-‘Aisyiyahan yang disampaikan oleh Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum. Kegiatan pesantren Ramadhan pada tahun ini juga mengadakan jadwal kelas tahsin untuk belajar memperbaiki bacaan al-Qur’an para guru/karyawan.

Menjelang berbuka puasa juga diselenggarakan pengajian menjelang berbuka puasa yang disampaikan oleh Ust. H.M. Jamaludin Ahmad yang membahas tentang “Tazkiyatun nafs”. Materi-materi yang telah disampaiakan oleh narasumber dari pimpinan pusat Muhammadiyah dan Aisyiyah sangat menggugah semangat perjuangan dan keIslaman Guru SMP Unggulan Aisyiyah terlihat dari antusias para peserta pesantren Ramadhan dalam menanggapi pemateri saat di dalam forum.  Panitia juga menyiapkan door prize bagi guru/karyawan yang aktif pada saat kegiatan. (Syahrul Ramadhon)

Exit mobile version