Muhammadiyah Palangka Raya Gelar Aksi Kemanusiaan

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Palangka Raya melakukan aksi galang donasi untuk penyintas banjir bandang Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan kebakaran rumah di Kelurahan Bereng Bengkel, Palangka Raya, Ahad (16/05/21). Aksi tersebut digelar di simpang tiga Jl. RTA Milono depan Kampus Perguruan Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Ketua Lazismu Kota Palangka Raya, Aliansyah, S.HI memaparkan bahwasanya aksi tersebut merupakan respon kemanusiaan dari relawan dan warga Muhammadiyah Kota Palangka Raya.

“Alhamdulillah, kita hari ini melaksanakan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana banjir di Tanah Bumbu dan kebakaran di Bereng Bengkel yang diinisiasi oleh Lazismu dan MDMC Kota Palangka Raya, nantinya bantuan tersebut akan kita salurkan ke sana, sebagaimana tagline Lazismu sendiri, yaitu memberi untuk negeri,” tuturnya.

Aliansyah menambahkan bahwa aksi kemanusiaan itu akan dilaksaksanakan untuk beberapa hari ke depan.

“InsyaAllah, penggalangan dana ini akan kita laksanakan dari hari ini sampai tiga hari selanjutnya, apabila antusias yang tinggi dari masyarakat, maka kita akan tambah hari lagi,” tambahnya.

Sementara itu Ketua MDMC Kota Palangka Raya, Aprie Husin Rahu berharap kepada masyarakat Kota Palangka Raya untuk ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan tersebut.

“Untuk meringankan beban mereka, baik korban banjir di Tanah Bumbu atau kebakaran rumah di Bereng Bengkel, kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk menyisihkan dan menitipkan sebagian rizkinya kepada kami, dan kami akan salurkan langsung kepada mereka yang membutuhkan,” harapnya.

Aprie juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dermawan yang telah membantu dan memberikan donasinya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mencatat sebanyak 5.308 jiwa terdampak banjir dan 268 jiwa mengungsi akibat banjir yang melanda enam desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Di sisi lain, kebakaran di Kelurahan Bereng Bengkel menghabiskan 4 (empat) unit rumah, kebakaran tersebut bermula saat terjadi ledakan dari dalam salah satu rumah yang terbakar dan kemudian menjalar ke tiga rumah lainnya yang kebetulan bersebelahan dengan sangat cepat. (Aris Pratama Gunawan)

Exit mobile version