Pengajian Syawal IMM Asahan-Tanjung Balai Bangkitkan Semangat Kader

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Asahan-Tanjung Balai menggelar pengajian syawal dan halal bi halal di Sekretariat pada Ahad (16/05/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh para kader IMM se Asahan-Tanjung Balai dan Alumni yang penuh antusias serta semangat yang membara.

Adapun tema yang diusung adalah Aktualisasi Nilai-nilai Ramadhan, mewujudkan ummatan wasathan dan dibawakan langsung oleh Drs. Mohd. Thohir S.Pd.,M.Si yang juga alumni IMM Asahan.

Drs. Mohd. Thohir S.Pd.,M.Si membacakan ayat (QS. al-Baqarah/2: 143). “Dan demikian (pula) Kami menjadikan kamu (umat Islam) ummatan wasathan (umat yang adil dan pilihan) agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan manusia) dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu…”

Dalam ayat tersebut terdapat istilah ummatan wasathan. Kata wasath berarti tengah, pertengahan, moderat, jalan tengah, seimbang antara dua kutub atau dua ekstrim (kanan dan kiri).

Ummatan washatan adalah umat yang bersikap, berpikiran, dan berperilaku moderasi, adil, dan proporsional antara kepentingan material dan spiritual, ketuhanan dan kemanusiaan, masa lalu dan masa depan, akal dan wahyu, individu dan kelompok, realisme dan idealisme, dan orientasi duniawi dan ukhrawi. Umat yang mengambil jalan tengah berarti tidak kikir dan tidak boros, tidak berlebihan sekaligus tidak berkekurangan. Semuanya dilakukan secara seimbang, proporsional, dan adil, tidak berat sebelah, dan tidak zhalim. Menurut Ibn Faris, wasath itu menunjukkan arti adil dan pertengahan “pungkasnya”

Yogi Ginting, selaku Ketua Umum PC IMM Asahan-Tanjung Balai dalam sambutannya mengatakan bahwa pengajian syawal ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahim antara kader IMM Asahan beserta dengan alumni. Serta untuk merefleksikan ghiroh intelektual kader dan mengasah pemahaman nilai Ramadhan untuk terwujudnya ummatan wasathan sesuai dengan tema yang diusung.

“Selain itu, kiranya melalui pengajian ini kita berharap membuat kader-kader IMM Asahan semakin cinta berikatan,” pungkas Mhd. Hakiki Tanjung yang juga bertindak sebagai pemandu acara. (YR)

Exit mobile version