MIM Kenteng Kulon Progo Sukseskan Rangkaian Ujian ASPD

mim kenteng

MIM Kenteng Kulon Progo Sukseskan Rangkaian Kegiatan Ujian ASPD 2021

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Assesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tahun ini dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari koordinasi orang tua wali, Pelaksanaan Ujian ASPD oleh siswa, Monitoring ASPD oleh pengawas madrasah, doa bersama dan ramah tamah yang semuanya dilaksanakan mulai dari hari Jumat – Kamis (20-27/5/2021).

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ASPD dibuka dengan koordinasi orang tua wali kelas VI di aula madrasah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan diri baik siswa maupun orang tua dan juga para gurunya. Ujian ASPD menjadi puncak kegiatan pembelajaran kelas VI, perlu adanya kontribusi, kolaborasi dan kerjasama dari orang tua dan juga gurunya demi mensukseskan ASPD tahun ini.”jelasnya.

“Adapun kegiatan kedua adalah ujian ASPD oleh siswa kelas VI dengan Pelaksanaan ujian tersebut dengan membagi siswa kelas VI yang berjumlah 21 menjadi 2 ruang ujian. Ruang ujian I terdiri dari 10 siswa-siswi dan 1 pengawas ujian, lalu ruang ujian II terdiri dari 11 siswa-siswi dan 1 pengawas ujian. ASPD tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Adapun pengawas ujian dilakukan secara silang yaitu Murni Yuningsih, S.Pd.I (Guru SDN Pergiwatu) dan Wantiningsih, S.Pd.Si. (Guru SDM Demangrejo).” imbuh Kamad.

Sementara itu Guru Kelas VI, Murtana S.Pd.I. menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan ASPD ini sudah dibuat timeline oleh tim ASPD madrasah. “Monitoring ujian ASPD dilaksanakan pada hari Selasa (25/5/2021) oleh Bapak Drs H Sujiyo, M.Pd dan Kasubag TU Kemenag Drs H. Mustolih pukul 09.30 – selesai. Monitoring mencakup kelengkapan adminstrasi ASPD dan penerapan protokol kesehatan Covid-19¬ oleh madrasah, “tuturnya.

“Malam ujian ASPD (malam senin, selasa dan kamis), kami mengundang wali murid kelas VI dan para guru untuk ikut serta melaksanakan qiyamul lail berjamaah di Masjid Kholid bin Walid Kenteng. Kegiatan ini dimulai pukul 23.30 WIB untuk persiapan, lalu tepat pukul 24.00 WIB pelaksanaan qiyamul lail. Kegiatan ini dihadiri juga oleh takmir masjid, komite madrasah dan kepala Dukuh Pedukuhan Kenteng. Setelah doa bersama dilanjutkan ramah tamah di serambi masjid.” Ujar Murtana.

Rikadiran selaku Komite Madrasah juga memberikan apresiasi yang bagus dengan rangkaian program ASPD MIM Kenteng. “Kegiatan ini sangat bagus dan bisa untuk terus dipertahankan untuk angkatan selanjutnya, dengan ini kami juga bisa ikut prihatin dalam mensukseskan ASPD madrasah. Kami berharap dan ikut berdoa semoga anak-anak diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam ujian.” Ungkap beliau.

Salah satu siswa kelas VI, Abdullah mengaku bahwa momen ASPD ini sangat istimewa. “ASPD saat ini memang berbeda, walaupun ujian secara offline di madrasah kami harus tetap menjaga prokes, kami juga ikut qiyamul lail bersama dengan bapak ibu walaupun tidak semua bisa ikut. Kami selalu dimotivasi untuk sungguh-sungguh dalam ujian, semoga kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik.” ungkapnya. (koko)

Exit mobile version