PDNA Pekalongan dan UMPP Bagikan PASHMINA Kit Setiap Cabang 

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kab Pekalongan telah lama bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dalam menjalankan program Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA).

Saat ini, PASHMINA telah tersedia di 11 Cabang Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Pekalongan. PASHMINA sendiri merupakan layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan remaja. PASHMINA memiliki enam pos yaitu pos pemeriksaan indeks massa tubuh, pos pemeriksaan hb, pos konseling kesehatan reproduksi remaja, pos konseling psikologi remaja, pos konseling gizi, dan pos edukasi.

Dalam rangka meningkatkan frekuensi dan cakupan pelayanan PASHMINA di Kab Pekalongan, baru-baru ini PDNA Kab Pekalongan bekerjasama dengan UMPP membagikan PASHMINA kit kepada 11 Cabang Nasyiatul Aisyiyah di Kab Pekalongan. PASHMINA kit yang dibagi ke masing-masing cabang berupa timbangan badan, pengukur tinggi badan, tensi, stetoskop, alat cek hb, alcohol swab, lancet, tas, serta media edukasi dan konseling.

Pembagian alat ini dilakukan serempak pada awal bulan Ramadhan 1442 H di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kab Pekalongan.

“Salah satu kendala pelaksanaan PASHMINA di cabang ranting adalah mereka tidak memiliki alat-alat pelaksanaan PASHMINA yang memadai. Untuk itu, kami mengakses dana pengabdian masyarakat dosen UMPP dikolaboraiskan dengan kas NA untuk pengadaan alat-alat pashmina ini,” demikian ungkap Siti Khuzaiyah, Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kab Pekalongan yang sekaligus dosen UMPP.

“Semoga PASHMINA Kit ini dapat bermanfaat bagi PCNA dan mempermudah mereka dalam melaksanakan kegiatan PASHMINA. Harapannya, kegiatan PASHMINA dapat berjalan secara rutin minimal sebulan sekali di tingkat cabang ranting,” pungkas Siti Khuzaiyah. (Hendra Apriyadi)

Exit mobile version