Tahniah, Darul Arqam Muhammadiyah Balebo Lahirkan Hafidz Al-Qur’an

LUWU UTARA, Suara Muhammadiyah – Tahniah, salah satu santri Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo, Muh. Ishak khatam hafalan 30 Juz pada Senin kemarin (14/6/21) di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo dalam waktu 3 tahun 2 bulan 12 hari.

Menurut Untung Sunardi, Selaku Direktur Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo turut berbahagia atas capaian santri-santrinya dalam menghafal qur’an.

“ini adalah kabar gembira bagi kita, dengan bertambahnya santri yang khatam Al-qur’an 30 Juz,” ungkapnya. Melalui via seluler.

Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah melahirkan kembali santri-santri tahfidz yang telah hafal qur’an 30 Juz. Sekedar informasi bahwa telah ada 8 orang yang telah menyelesaikan hafalannya. Di antaranya adalah Muh. Nur Azizy Al Qadri, Muh. Resky, Muh. Fadel Tarinding, Arya, Abd. Aziz Nur, Miftahul Jannah, Ainun Nurhidayah dan Muhh. Ishak.

Menurut Rizal Munandar, Selaku Koordinator Tahfid di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo menargetkan akhir tahun ini ada sekitar 5-10 orang yang akan menyelesaikan hafalannya.

Tahfidzul Qur’an ini adalah program unggulan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo yang bertujuan untuk mencetak hafidz-hafidzah, Tahfidzul Qur’an ini mempunyai target hafalan selama 2 tahun.

Selain itu, dalam perekrutan calon tahfidz ini, di lakukan seleksi masuk saat penerimaan peserta didik baru di Madrasah, bagi yang berminat akan di seleksi dan tentunya kuotanya di batasi maksimal 15 orang putra dan 15 orang putri.

Selanjutnya, yang dinyatakan lulus akan di karantina dengan di asramakan khusus, dan santri yang telah lulus akan ditahsin(perbaikan bacaan)-kan.

Kemudian, santri yang baru di tahsinkan tersebut sekanjutnya akan dilakukan 5 kali khatam selama kurang lebih waktu yang diberikan selama 6 bulan.

Setelah semua santri melewati tahap demi tahap yang telah ditetapkan oleh Koorninator Tahfidz. Barulah santri tersebut mulai menghafal dengan target hafalan 2 tahun, santri tersebut hanya fokus menghafal dan tetap terdaftar sebagai santri di Madrasah dan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo.

Terakhir, Program Tahfidz memiliki tata tertib dan panduan-panduan dalam menghafal Al-Qur’an.

Exit mobile version