PPM UAD Bekali Siswa dengan Self Management untuk Meraih Sukses

uad

SLEMAN, Suara Muhammadiyah — Tim Dosen yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus memberikan pelatihan-pelatihan di beberapa tempat. Kali ini, sasaran pelatihan tersebut ialah para siswa SMK Muhammadiyah Pakem, Rabu (16/6).

Sebanyak 26 anak dari empat jurusan yang berbeda dibekali materi Self Management atau pentingnya manajemen diri. Siswa harus mampu mengendalikan diri, sehingga mereka terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Sebaliknya muncul kemampuan untuk mengelola pikiran, perasaan, ucapan, perbuatan, maupun waktu ke arah kebaikan.

Kepala SMK Muhammadiyah Pakem, Sigit Rohmadiantoro, M.Pd sangat mendukung program tersebut. Beliau mengajak agar para siswa memperhatikan materi yang disampaikan.

“Self Management ini penting untuk mencapai kesuksesan,” pesan Sigit saat membuka acara.

Selanjutnya materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Sutarman, M.Hum. dan Sutipyo Ru’iya, M.Si. dari Prodi Pendidikan Agama Islam UAD. Para pemateri menekankan bahwa semua orang, khususnya para siswa harus dapat melakukan manajemen diri dengan baik agar cita-citanya dapat tercapai.

Manajemen waktu merupakan keharusan bagi semua manusia, karena Allah sendiri telah berfirman bahwa manusia akan rugi jika tidak dapat mempergunakan waktu dengan baik.

Untuk melakukan manajemen diri, seseorang harus memulai dari menetapkan tujuan atau cita-cita. Setelah itu melakukan muhasabah diri untuk mengetahui kelebihan (strenght) dan kelemahan (weakness) diri, kemudian melakukan analisa peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dalam rangka menggapai cita-cita.

“Berangkat dari muhasabah inilah seseorang mulai menyusun rencana diri dalam kehidupannya,” pesan Sutipyo kepada para peserta.

Pelatihan diakhiri dengan latihan melakukan evaluasi diri dan melakukan analisa terhadap hasil evaluasi dirinya. Kemudian para peserta diajak menyusun rencana diri untuk menggapai cita-citanya. (Diyan)

Exit mobile version