Hijaukan Lingkungan Pesantren, ‘Aisyiyah Tanam Pohon Produktif

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Ingin mendapatkan suasana asri yang hijau di pesantren menjadi obsesi Aisyiyah Aceh. Melalui Lembaga Kebencaan dan Lingkungan Hidup (LKHP) PW Aisyiyah dilakukanlah penanaman berbagai jenis pohon di Pesantren Darul Arqam Sibreh, Aceh Besar. Pesantren Baitul Arqam menjadi salahsatu pesantren milik Muhammadiyah di Aceh.

Penanaman pohon juga menjadi rangkaian peringatan Milad ke 104 Aisyiyah.

Selain melakukan penanaman pohon di kawasan pesantren, Aisyiyah juga memberikan edukasi dan pembelajaran membuat kue kepada santriah. Diharapkan dengan keterampilan itu, para santriah memiliki pengetahuan bagaimana membuat kue dengan baik dan benar.

Ketua PW Aisyiyah Aceh Zaidar Jaafar SAg menjelaskan, pelaksanaan penanaman pohon dilakukan dengan menggandeng Dinas Kehutanan Aceh. Beberapa jenis tanaman produksi ditanami guna mengembalikan fungsi lahan menjadi lebih baik. PW Aisyiyah memahami masalah lingkungan hari ini adalah masalah serius karena banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi.

Berbagai bencana disebabkan oleh  fungsi hutan yang rusak. Maka salah satu solusinya adalah, melakukan penghijauan.
Terkait dengan pelatihan memasak kepada santriah Pesantren Baitul Arqam, Zaidar Jaafar  mengatakan, agar santriah memiliki keterampilan yang spesifik, PW Aisyiyah sengaja membuat pelatihan membuat kue dengan bahan baku yang banyak ditemukan dilingkungan mereka seperti singkong dan pisang. (Agusnaidi B/Syaifulh/Riz)

Exit mobile version