Empat Karakter Pemimpin Milenial

Pemimpin

CIANJUR, Suara Muhammadiyah – Sebagaimana dakwah yang tak akan pernah berhenti sampai akhir usia bumi, kepemimpinan Ortom di setiap sekolahpun harus tetap berlanjut berkesinambungan. Ortom dan sekolah bagaikan ikatan tali yang berkelindan, keduanya dirajut, dan berjalan beriringan.

Kamis (19/6), SMP Muhammadiyah Cipanas melangsungkan prosesi serah terima jabatan seluruh ortom dan ekstrakurikuler. Acara dilaksanakan di halaman sekolah dengan tetap menjaga ketertiban protokol  Kesehatan.

Kepala urusan kesiswaan, Ratna Fauziah menyampaikan rasa terimakasih kepada siswa-siswi kelas 9 yang telah memberikan dedikasi tinggi dalam melaksanakan program kerja, meskipun berada dalam berbagai tantangan dalam satu tahun ke belakang. Dedikasi itulah kemudian yang akan dijadikan contoh bagi generasi berikutnya.

“Kalianlah yang telah melahirkan generasi penerus, kader-kader tangguh, yang memiliki semangat juang dalam rangka mewujudkan cita-cita Islam,” ucapnya.

Ratna yang juga menjabat sebagai kepala sekolah TK ABA Aisyiyah Cipanas itu juga berpesan pada setiap kepemiminan baru yang dilantik untuk memperhatikan empat karakter kepemimpinan. Pertama, berbuat baik dalam setiap sisi kehidupan, baik itu di sekolah sebagai uswatun hasanah, namun juga di rumah dan lingkungan lainnya sebagai pelajar Muhammadiyah.

Karakter kedua ialah mengembangkan potensi diri dan tim. Pemimpin bukan hanya sekedar jabatan saja, ia membutuhkan tindakan kepemimpinan. Terutama dalam hal pengembangan potensi diri, anggota, dan warga yang dipimpinnya.

Berkaitan dengan era tekhnologi dan percepatan pertukaran informasi yang tak jarang juga berlimpah  kebencian dan hujatan, Ratna menyampaikan karakter pemimpin yang ketiga, yakni fokus pada solusi. Tidak bergumul pada kebisingan media sosial, namun lebih berfokus pada pemecahan masalah yang sedang ada di hadapan.

Terakhir ialah selalu memiliki kemampuan untuk berkontribusi dalam segala bidang. Pemimpin akan kesulitan untuk dapat terus berkontribusi jika tidak memiliki keilmuan yang terus ditambah dan diperbaharui. Oleh karenanya, untuk memenuhi kriteria yang keempat ini harus diiringi dengan semangat literasi yang istiqamah.

Dalam kesempatan ini telah dilantik kepemimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Tapak Suci, Palang Merah Remaja, Tim Futsal, dan Tim Voli secara bersamaan untuk tahun bakti 2021/2022.

“Teruslah berinovasi dan berkarya, baik saat ber-HW atau dalam kehidupan sehari-hari. Jangan takut gagal, karena gagal adalah kesuksesan yang tertunda. Janganlah pula jatuh di jurang yang sama, tapi carilah jurang yang lain,” ungkap Afrizal Kamil, pembina Hizbul Wathan SMP Muhammadiyah cipanas memungkasi sambutannya. (Ilham)

Exit mobile version