Muhammadiyah Penggerak Bumdes

bumdes

Muhammadiyah Penggerak Bumdes

Desa Takerharjo berpenduduk 6.278 jiwa. Wilayah kecamatan Solokuro ini berjumlah 1.688 kepala keluarga. Kampung di Lamongan yang 60% orang NU, dan 40% Muhammadiyah ini mendirikan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa. Namanya Sidorejo. Sido artinya menjadi, sedangkan rejo artinya makmur atau ramai. Ketuanya Pak Ahmad Tanidjo. Sesepuh dan penasihat PRM Takerharjo. Prestasinya membangun tiga toko yang omzetnya belasan juta untuk aset desa.

Dalam rangka mengembangkan Bumdes, pemerintah desa Takerharjo mengadakan studi tiru ke Boonpring Turen Malang. Pesertanya meliputi kepala desa dongkol, kades terpilih, pendamping desa, BPD, LPM, RT, RW, Pengurus Bumdes, dan perangkat desa. Penggeraknya ialah Mardliyah, MM. Plt Kepala desa sekaligus Pimpinan Cabang Aisyiyah Solokuro.

Selepas itu dilakukan beberapa upaya. Diantaranya penjaringan bakal calon pengurus Bumdes. Dusun Petiyin menunjuk Alimin, M.Si. Sementara dusun Takeran mendapuk Sholihul Amin, S.Pd dari NU dan Edi Sucipto, SH dari Muhammadiyah.

Para balon berembug bersama pemerintah desa. Agenda utamanya yaitu merevisi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD ART). Salah satu isinya prosedur pengangkatan pengurus secara musyawarah mufakat. Mottonya Takerharjo sejahtera. Pemrakarsanya ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, seorang pimpinan ranting Muhammadiyah Takerharjo.

Setelah mendengarkan sambutan pengarahan dari kades, kasun, BPD, dan LPM yang diketuai sekretaris PRM, balon berapat. Hasilnya Alimin sebagai direktur, Sholihul Amin selaku sekretaris dan Edi Sucipto menjabat bendahara. Mereka diberi subsidi ratusan juta.

Program unggulannya membuka toko. Namanya toko bumdes Sidorejo. Alamatnya jalan raya Takerharjo. Toko melayani barang hajatan, grosir, dan eceran sembako. Manajernya alumni UMM. Penjaga tokonya dari anggota NA dan Fatayat.

Pada hari Jumat 18062021 pukul 20.00 diselenggarakan grand opening toko Bumdes Sidorejo. Pembawa acaranya anggota BPD yang merangkap sebagai kepala MTs Muhammadiyah 7. Sambutan Bumdes diwakili Bendahara, seorang pemuda Muhammadiyah. Ketua LPM yang juga sekretaris PRM memberikan pengarahan. Sekdes, kaur keuangan, kaur perencanaan, kaur Tata Usaha dan kasi pelayanan yang merupakan AMM turut berpartisipasi menyukseskan acara. Lagian RT yang merupakan ketua DPRt PAN dan RW yang sekaligus anggota PDM Lamongan dengan khidmat menyaksikan event tersebut hingga paripurna.

Ucapan selamat dan sukses berseliweran di media sosial. Semoga toko bumdes Sidorejo yang dipimpin perwakilan tiga ormas ini mampu memberdayakan ekonomi masyarakat dan memenuhi hajat hidup orang banyak. Sehingga terwujud qoriyah tayibah atau desa swasembada yang berkemajuan.

Mushlihin, PRM Takerharjo Solokuro Lamongan

Exit mobile version